Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Woongkir : Pengertian dan Cara Menggunakannya di WooCommerce

4 min read

Plugin WordPress untuk Toko Online

Fitur ongkos kirim di toko online bisa membantu pengunjung mengetahui biaya pengiriman produk yang dibeli. Makanya, Anda wajib menambahkan fitur yang satu ini di website. Jika toko online Anda dibangun lewat tutorial WooCommerce, maka plugin ongkos kirim yang recommended adalah Woongkir. 

Cara setting Woongkir juga mudah, kok. Plugin WooCommerce ini bisa digunakan pada berbagai website toko online, apapun produknya. Namun, bagaimana cara install Woongkir dengan benar, ya? 

Tenang.. kami akan menjelaskannya secara lengkap di artikel ini. Sebelumnya, yuk simak dulu penjelasan apa itu Woongkir berikut!

Apa Itu Woongkir?

Woongkir adalah plugin ongkos kirim untuk WooCommerce yang bisa digunakan secara gratis. Plugin ini menggunakan API dari RajaOngkir, jadi Anda perlu memiliki akun RajaOngkir untuk menggunakannya.

Plugin Woongkir mampu menghitung biaya ongkos kirim berdasarkan jarak dari lokasi pengiriman ke alamat tujuan, dimensi produk dan berat produk. 

Hal tersebut bermanfaat bagi toko online yang memiliki jangkauan pasar yang luas serta mempunyai produk yang beragam, baik dari ukuran dan beratnya.

Salah satu keunggulan Woongkir adalah harga pengiriman akan terupdate sesuai dengan data yang ditampilkan pada situs resmi jasa pengiriman yang digunakan.

Selain itu, konsumen pun bisa membandingkan harga layanan masing-masing jasa pengiriman dan mengetahui estimasi waktu pengirimannya.

Pilihan jasa pengiriman dari plugin Woongkir juga cukup banyak, meliputi 21 jasa pengiriman domestik dan 5 jasa pengiriman internasional. 

Untuk kurir domestik, Woongkir mendukung pengiriman melalui: JNE, POS Indonesia, TIKI, J&T Express, SiCepat Express, dll. Sedangkan untuk pengiriman internasional, plugin ini mendukung pengiriman melalui: POS Indonesia, JNE, TIKI, Solusi Ekspres dan Expedito.

Cara Setting Woongkir di WooCommerce

Setelah mengetahui apa itu Woongkir, kini saatnya Anda coba untuk menggunakan Woongkir di WooCommerce Anda. Ada lima langkah yang bisa Anda ikuti, yaitu:

  1. Membuat Akun RajaOngkir
  2. Menyalin API RajaOngkir
  3. Menginstal Plugin Woongkir
  4. Melakukan Setting Woongkir Shipping
  5. Melakukan Testing

Nah, berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Membuat Akun RajaOngkir

Karena plugin Woongkir menggunakan API dari RajaOngkir, langkah pertama cara setting Woongkir adalah membuat akun RajaOngkir.

Di halaman pendaftaran akun, silakan isi username, email dan password pada kolom yang tersedia. Jangan lupa, beri tanda centang pada captcha, lalu klik tombol Daftar.

membuat akun rajaongkir

Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman dengan pesan pemberitahuan untuk melakukan aktivasi akun pada email yang Anda daftarkan.

notifikasi cek email aktivasi

Silakan cek kotak masuk email Anda atau folder spam dan promotion. Bukalah email dari RajaOngkir, kemudian klik tombol Aktivasi akun sebagai berikut:

email aktivasi akun raja ongkir

Anda akan diarahkan ke halaman login, silakan masuk menggunakan username dan password yang telah Anda buat. 

login akun rajaongkir

Kalau berhasil login, artinya akun Anda sudah aktif.

2. Menyalin API RajaOngkir

Anda membutuhkan kunci API RajaOngkir yang akan digunakan pada tahap setting plugin Woongkir. Untuk mendapatkannya, dari halaman utama RajaOngkir, pilih menu API key

Di halaman ini, Anda akan melihat kunci API yang terdiri dari rangkaian angka dan huruf. Salinlah kunci API RajaOngkir Anda. 

menyalin API rajaongkir

Layaknya username dan password, kunci API pun sebaiknya tidak diketahui oleh orang lain. 

Baca Juga : Ebook Panduan Membuat Toko Online Woocommerce Pemula

3. Menginstal Plugin Woongkir

Langkah berikutnya adalah melakukan install Woongkir. 

Caranya, masuklah ke halaman dashboard admin WordPress Anda. Kemudian, pilih menu Plugins > Add New. Ketikkan Woongkir pada kolom pencarian, lalu klik tombol Install Now untuk memulai proses instalasi plugin tersebut.

instalasi plugin Woongkir di WordPress

Tunggu hingga proses instalasi selesai. Jika sudah, klik tombol Activate untuk mengaktifkan plugin Woongkir di website WooCommerce Anda.

aktivasi plugin woongkir

Baca Juga : Tutorial Setting Pembayaran WooCommerce dengan Biteship

4. Melakukan Setting Woongkir Shipping

Setelah Anda melakukan install Woongkir, pada tahap ini Anda akan melakukan setting Woongkir shipping di WooCommerce. Caranya, pilih menu WooCommerce > Settings pada sidebar WordPress. Kemudian, masuklah ke tab Shipping.

melakukan setting Woongkir

Di halaman tersebut, Anda perlu menambahkan zona pengiriman dengan mengklik tombol Add shipping zone. Anda akan diarahkan pada tampilan seperti ini:

setting shipping woongkir

Ada tiga bagian yang perlu Anda isi, yaitu:

  • Zone name : untuk bagian ini, Anda dapat mengisinya dengan bebas sesuai keinginan Anda.
  • Zone regions : ketikkan Indonesia pada kolom ini.
  • Shipping methods : tambahkan metode pengiriman dengan klik tombol Add shipping method. Ketika menambahkan metode pengiriman, akan ada jendela popup yang muncul di halaman Anda. Silakan klik dropdown yang tersedia dan pilihlah Woongkir. Lalu, simpan perubahan.
add shipping method memakai woongkir

Nantinya, Woongkir akan muncul di bagian Shipping methods. Pastikan statusnya aktif (Enabled) agar bisa langsung digunakan. Selanjutnya, klik Edit untuk memulai konfigurasi plugin Woongkir lebih lanjut.

edit plugin woongkir

Di tahap setting/konfigurasi Woongkir ini, ada beberapa hal yang perlu Anda isi, yaitu:

  • Shipping Origin Province : pilih nama provinsi lokasi toko Anda.
  • Shipping Origin City : pilih nama kota lokasi toko Anda.
  • Shipping Origin Subdistrict : pilih nama kecamatan lokasi toko Anda.
  • Sort Shipping : pengaturan untuk mengurutkan jenis pengiriman, pilih No sebagai defaultnya.
  • Show ETA : Beri tanda ceklis untuk menampilkan estimasi waktu pengiriman barang.
  • Base Cart Contents Weight (gram) : Berat default suatu barang yang dikirim. Jika Anda tidak  mengatur berat barang pada suatu produk, base cart contents weight inilah yang akan menjadi defaultnya. Berat barang sangat diperlukan untuk menentukan ongkos kirim.
  • RajaOngkir API Key : Masukkanlah kunci API RajaOngkir yang telah Anda salin sebelumnya.
  • RajaOngkir Account Type : pilih tipe Starter karena Anda menggunakan API RajaOngkir untuk versi gratis.
  • Couriers : pada tab Domestic Shipping, pilih layanan kurir yang ingin Anda pakai. Untuk versi gratis, Anda hanya bisa memilih 1 jasa kurir saja dari 3 yang tersedia.
  • Tax Status : pilih status pajak. Pilih none jika tidak ada pajak, pilih taxable jika kena pajak

Jika semuanya sudah terisi seperti gambar di atas, klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.

Berikutnya, masuklah kembali ke tab Shipping dan pastikan Zone name yang Anda buat sudah ada pada tabel.

setting woongkir selesai dilakukan

Sampai sini, Anda sudah berhasil melakukan setting Woongkir di WooCommerce. Mudah, kan? Sekarang, cobalah lakukan testing di website Anda.

5. Melakukan Testing

Anda bisa mencoba melakukan pemesanan produk di website Anda. 

Pada bagian Shipping, klik Calculate shipping untuk menghitung harga ongkos kirim. Kemudian, masukkan alamat tujuan pengiriman. Jika sudah, klik Update untuk menyimpan alamat.

memasukkan alamat tujuan pengiriman

Jika Woongkir sudah terinstal dengan baik, maka bagian Shipping akan berubah menjadi seperti gambar berikut ini:

melakukan testing pemilihan jasa kirim

Anda akan melihat opsi kurir yang bisa Anda pilih beserta harga ongkos kirimnya. Ini artinya, setting Woongkir di WooCommerce sudah berhasil dilakukan dengan baik.

Baca Juga : Panduan Membuat Halaman Konfirmasi Pembayaran WooCommerce

Sudah Bisa Setting Plugin Woongkir?

Bagaimana, cara setting Woongkir di WooCommerce sangat mudah, kan? Untuk menggunakan Woongkir, Anda hanya perlu mendapatkan API RajaOngkir, melakukan install Woongkir dan mengkonfigurasinya sesuai dengan tutorial yang kami berikan.

Woongkir adalah plugin untuk WooCommerce yang hanya bisa digunakan pada website WordPress. Hal ini tentu makin sejalan dengan berbagai kemudahan dari WordPress sebagai sebuah platform, bukan? 

Yang perlu diingat, platform WordPress tersebut juga harus didukung dengan layanan hosting yang bisa diandalkan. Bahkan, kalau bisa juga mudah untuk dikelola sehingga Anda bisa fokus ke perkembangan bisnis. 

Nah, layanan Easy WordPress Hosting Niagahoster tentu merupakan pilihan yang tepat.

Dengan Managed WordPress, Anda bebas melakukan instalasi plugin sesuai kebutuhan. Pengelolaan WordPress juga akan lebih cepat dan praktis dengan adanya fitur WordPress Management.

Ditambah lagi, dengan dukungan dari Imunify360 dan adanya SSL gratis, website WooCommerce Anda akan lebih terjamin keamanannya. Jadi, transaksi yang dilakukan di website Anda pun akan lebih aman.

Menariknya, semua fitur tersebut bisa Anda dapatkan hanya dengan harga mulai dari Rp32rb/bulan

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan plugin Woongkir dan nikmati kemudahan mengelola WordPress dengan menggunakan Managed WordPress hosting Niagahoster sekarang!

Demikianlah artikel untuk kali ini, Anda sudah mengetahui apa itu Woongkir dan cara setting Woongkir dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya 🙂

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *