Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Apa Itu Slug? Tips Membuat Slug SEO-Friendly

3 min read

apa itu slug

Setelah mengetahui cara membuat website dan membuat blog, Anda wajib mengetahui cara membuat konten yang mampu menarik pengunjung. Dan, salah satu faktor penting dari sebuah konten adalah slug. Sebagian Anda mungkin bertanya: “Apa itu Slug?”

Di artikel ini, kami akan membahas pengertian dan cara membuat slug WordPress dengan mudah. Tak lupa, kami juga akan membagikan beberapa tips untuk membuat slug lebih ramah mesin pencari (SEO-Friendly). 

Apa Itu Slug?

Slug adalah bagian dari URL/permalink website Anda yang merujuk pada sebuah konten secara spesifik. Posisinya berada di bagian belakang dari permalink, setelah nama domain Anda. 

Inilah contohnya:

Contoh penggunaan Slug

Seperti terlihat di atas, slug selalu ditulis dengan huruf kecil dan dipisahkan dengan tanda penghubung (-). Hal ini berlaku secara default. Jadi, apabila Anda menggunakan spasi atau huruf besar, WordPress akan menggantinya. 

Pada dasarnya, WordPress akan secara otomatis memberikan slug pada tiap konten yang Anda buat. Jadi, semua posting atau page/halaman di website Anda akan memiliki permalink, terkecuali homepage. 

Slug yang muncul akan sesuai dengan setting permalink yang Anda gunakan. Untuk mengeceknya, Anda bisa masuk ke Dashboard -> Settings -> Permalinks.

Melakukan perubahan setting permalink

Slug yang Anda gunakan harus tepat. Sebab, perannya sangat besar dalam membantu pengunjung menemukan website Anda di mesin pencari.

Sebagai contoh, Anda bisa mengetikan kata kunci “cara membuat website” di Google. Jika Anda lihat, semua hasil yang diberikan oleh Google adalah website dengan slug dengan kata kunci yang sama. Salah satunya adalah artikel blog milik Niagahoster.

Contoh slug yang muncul di halaman pencarian Google

Dari contoh tersebut, terbukti bahwa permalink dapat membantu mesin pencari untuk memberikan rekomendasi konten yang relevan kepada penggunanya. 

Oleh karena itu, gunakanlah permalink yang tepat demi membantu upaya SEO Anda.  (Kami akan membahas tentang hal ini di bagian Tips Membuat SEO-Friendly)

Cara Membuat Slug WordPress

Setelah memahami tentang pengertiannya, saatnya Anda belajar cara membuat slug di WordPress. Untuk memudahkan, kami akan membagi penjelasan ini dalam empat kategori, yaitu post, page, kategori dan tag, serta author di WordPress.

Sebagai catatan, panduan yang kami lakukan menggunakan WordPress editor terbaru yaitu Gutenberg. Anda tetap bisa menerapkan panduan ini menggunakan editor klasik, meskipun tampilannya sedikit berbeda.  

1. Post di WordPress

Pada saat pertama kali membuat post atau Add New di WordPress, tampilan ini yang akan Anda jumpai:

Membuat post baru di WordPress

Setelah Anda menuliskan judul untuk artikel Anda, silakan simpan sebagai draft awal. Anda akan melihat bahwa permalink untuk artikel tersebut sudah muncul lengkap dengan permalink post-nya.

Contoh slug post

Dengan kata lain, Anda tidak perlu menunggu hingga artikel dipublikasikan untuk mendapatkan slug WordPress.

Jika ingin menggantinya, Anda bisa pilih Edit. Setelah melakukan perubahan, klik Save.

Melakukan edit slug post

2. Page di WordPress

Membuat permalink page di WordPress tak kalah mudah. 

Pada halaman WordPress baru atau yang ingin diedit, Anda akan menemukan permalink ketika meng-klik judul. Silakan klik Edit, lalu klik Save setelah melakukan perubahan.

Contoh slug page

3. Kategori dan Tag di WordPress

Penggunaaan slug default WordPress tidak kami rekomendasikan. Nah, untuk membuatnya secara manual, terlebih dahulu Anda bisa mengubah kategori dan tag slug. 

Untuk mengubah kategori slug, Anda bisa masuk ke Dashboard -> Posts -> Categories. Lalu, pilih kategori yang ingin Anda ubah, lalu klik Edit.

Memilih kategori slug yang akan diedit

Silakan lakukan perubahan dan klik Update.

Mengubah kategori slug

Atau untuk cara lebih cepat, silakan pilih Quick Edit, ubah sesuai yang Anda inginkan, dan klik Update Category.

Opsi mengubah slug dengan quick edit

Sementara itu, untuk mengubah tag slug, Anda bisa masuk ke Dashboard -> Posts -> Tag. Selanjutnya, pilih tag yang ingin Anda ubah. Setelah itu mengubah permalink, plih Edit dan klik Update.

Memilih tag yang akan diedit

Cara Quick Edit juga bisa Anda lakukan untuk proses lebih cepat.

Mengubah tag slug melalui Quick Edit

4. Author di WordPress

Jika banyak kontributor penulis di website Anda, tentu akan banyak pula akun author yang Anda miliki. Artinya, akan banyak permalink author yang Anda miliki.

Kendala yang muncul adalah permalink author dibuat berdasarkan username dan tidak dapat diubah secara default. Namun, Anda bisa memanfaatkan plugin WordPress bernama Edit Author Slug

plugin edit author slug

Silakan masuk ke WordPress Plugin Directory, ketikan Edit Author Slug di kolom pencarian. Lalu, install dan activate plugin. 

Selanjutnya, silakan masuk ke Dashboard > Users > All Users. Pilih nama user yang ingin diubah, dan klik Edit.

Memilih menu edit author

Pada bagian Edit Author Slug, silakan isikan slug yang Anda inginkan, lalu klik Update User.

Tips Membuat Slug yang SEO-Friendly

Lalu, bagaimanakah cara membuat slug yang baik? Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat slug yang SEO Friendly.

1. Gunakan Slug yang Singkat dan Jelas

Beberapa pengaturan default membuat permalink Anda akan mengikuti judul artikel yang panjang. Jika hal itu terjadi, ubahlah dengan slug yang lebih singkat namun jelas.

Sebagai contoh, artikel kami berjudul 11 Kelebihan WordPress yang Perlu Anda Ketahui, hanya menggunakan slug “kelebihan-wordpress”. 

tips membuat slug adalah gunakan slug yang jelas dan singkat

2. Pastikan Mengandung Kata Kunci

Menggunakan slug yang tidak menggunakan kata kunci adalah sebuah kesalahan besar. 

Mesin pencari memberikan rekomendasi kepada penggunanya berdasarkan kata kunci. Artinya, jika slug untuk artikel Anda tidak mengandung kata kunci, bisa saja tidak mendapatkan peringkat di hasil pencarian.

Hal ini tentu akan menyebabkan Anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pengunjung dari organic traffic. 

Sebaliknya, jika menerapkan kata kunci yang tepat akan mendatangkan hasil yang baik. Contohnya, kata kunci kelebihan wordpress pada contoh artikel sebelumnya yang mampu berada di peringkat pertama mesin pencari.

Contoh slug yang mengandung kata kunci

3. Hanya Gunakan Kata Penting

Perlu diingat bahwa slug digunakan oleh mesin pencari seperti Google ketika merekomendasikan sebuah artikel. Untuk membantu mesin pencari bekerja dengan baik gunakan kata penting saja. 

Kata penghubung seperti dengan, dan, ke, yang, pada sebaiknya dihindari. Sebagai contoh, jika Anda membuat artikel berjudul “Cara Membuat Kue yang Lezat dengan Mudah dan Cepat“, gunakanlah slug “cara-membuat-kue-mudah-cepat”.

Dengan demikian, baik pengguna maupun mesin pencari bisa menemukan konten yang relevan dengan mudah. 

4. Hindari Penggunaan Angka Tahun

Ada kalanya Anda menulis artikel yang terkait dengan tahun tertentu. 

Walaupun judul artikel menggunakan angka tahun, sebaiknya angka tersebut tidak Anda masukan sebagai slug. Contohnya, artikel kami berjudul “Platform Blog Terbaik 2019”.  

19 hindari penggunakan angka di slug

Seperti Anda lihat, slug yang kami gunakan tidak menggunakan angka tahun seperti di judulnya. Dengan cara tersebut, artikel kami mampu mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. 

5. Gantilah Slug dengan Benar

Melakukan penggantian slug memang mudah. Namun, Anda harus tetap bijaksana menerapkannya, terutama pada artikel yang sudah Anda publikasikan lama.

Penggantian slug akan menghasilkan alamat URL yang berbeda. Artinya, artikel dengan slug yang sudah diganti, bisa saja tidak dapat dikunjungi lagi dengan alamat URL sebelumnya.

Secara sistem, WordPress memang akan berusaha untuk melakukan pengalihan ke URL yang baru. Namun, pada beberapa kondisi tidak berjalan dengan baik. Sebagai solusinya, Anda bisa melakukan redirect manual dengan benar. 

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu apa itu slug, manfaatnya dan bagaimana cara membuatnya, bukan? Slug artinya bagian dari URL/permalink website Anda yang mengarah ke sebuah konten.

Selain slug, masih ada banyak hal di WordPress yang perlu Anda optimasi. Apa saja langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk memaksimalkan WordPress? Temukan penjelasan lengkapnya di checklist yang bisa Anda unduh di banner berikut ini!

langkah_setelah_instal_wp-2


Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *