Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Mengenal QRIS: Anti Ribet Bayar di Niagahoster dengan QRIS!

3 min read

Mengenal Metode Pembayaran QRIS

Kemajuan teknologi selalu memberikan kemudahan, termasuk dalam melakukan transaksi pembayaran. Bayangkan, cukup dengan scan QR code melalui ponsel, pembayaran sudah bisa dilakukan. 

Sayangnya, tak jarang Anda harus memiliki berbagai aplikasi pembayaran digital sesuai dengan yang ditawarkan oleh merchant. Jika tak memilikinya, Anda harus siap untuk kecewa.

Belum lagi Anda harus menginstal dan melakukan top-up dana di aplikasi tersebut. Tentu sangat merepotkan, bukan? 

Nah, saat ini sudah ada QRIS yang dibuat oleh Bank Indonesia sebagai solusinya. Cukup satu QR code, pembayaran dapat dilakukan di semua aplikasi pembayaran digital. Niagahoster pun juga sudah menerapkan pembayaran menggunakan QRIS, loh! 

Penasaran apa itu QRIS dan bagaimana menggunakannya saat melakukan pembayaran di Niagahoster? Ini dia penjelasan lengkapnya! 

Apa itu QRIS?

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standarisasi pembayaran metode QR code. Standarisasi tersebut dibuat oleh Bank Indonesia (BI) untuk menciptakan pembayaran yang lebih mudah dan aman. 

Dengan adanya QRIS, kini cukup satu QR code saja, pembayaran dapat dilakukan dari berbagai aplikasi pembayaran digital seperti Gopay, OVO, DANA, LinkAja, dan lain sebagainya. Artinya, Anda tak perlu menginstal semua aplikasi tersebut di ponsel Anda. 

Sebelumnya, Anda perlu memiliki aplikasi pembayaran yang sama dengan yang disediakan oleh merchant. Misalnya, Anda menggunakan Gopay dan merchant menggunakan OVO. Aplikasi Gopay tak akan dapat mengenali QR code OVO. Alhasil. pembayaran tak dapat dilakukan. 

Di sisi lain, merchant hanya perlu membuka rekening di penyedia pembayaran digital yang diinginkan. Asalkan, sudah memiliki izin dari BI. Dengan satu QR code standar tersebut, merchant dapat menerima pembayaran dari aplikasi manapun. Jadi, transaksi jual beli pun kian mudah dilakukan.

3+ Keunggulan Metode Pembayaran QRIS

QRIS memiliki beberapa keunggulan dibanding metode pembayaran lainnya. Apa saja keunggulan tersebut? Berikut ini 3+ keunggulan metode pembayaran QRIS yang bisa Anda dapatkan. 

1. Mendukung Beragam Aplikasi Pembayaran 

QRIS dapat menerima pembayaran dari aplikasi apapun. Jadi, sebagai pembeli, Anda tak perlu pusing memikirkan aplikasi pembayaran digital mana yang harus dimiliki. Semua aplikasi pembayaran digital/e-money/e-wallet dapat digunakan membayar transaksi dengan melakukan scan QR code QRIS. 

2. Gampang 

Proses pembayaran menggunakan QRIS sangatlah mudah. Anda hanya perlu scan QR code yang disediakan merchant, memastikan nama merchant yang muncul di aplikasi telah sesuai, dan melakukan pembayaran. 

3. Proses Cepat 

Setelah klik bayar, proses pembayaran akan langsung diproses seketika. Setelah berhasil, pembeli dan merchant akan langsung mendapatkan notifikasi transaksi. Tak perlu melakukan verifikasi dan lain sebagainya. Jadi, prosesnya akan jauh lebih mudah. 

4. Menguntungkan 

Bagi pembeli, kesempatan untuk bisa berbelanja di merchant yang menawarkan promo akan lebih besar. Sebab, tidak ada kendala pada perbedaan aplikasi pembayaran yang digunakan.  Sementara itu, bagi merchant, kemudahan transaksi dapat meningkatkan minat belanja pelanggan. 

Jenis-Jenis Pembayaran QRIS

Ada beberapa jenis pembayaran QRIS yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis tersebut, yaitu:

1. Merchant Presented Mode (MPM) Statis

Merchant Presented Mode (MPM) adalah jenis QRIS di mana QR code disediakan oleh merchant. Pelanggan hanya perlu scan QR code tersebut saat akan melakukan pembayaran.

Karena bersifat  statis, QR code yang dimiliki oleh merchant tidak akan berganti. Biasanya, merchant yang menggunakan sistem MPM Statis, akan memajang QR Code di area kasir. 

Cara pembayaran menggunakan MPM Statis adalah sebagai berikut:

  • Pelanggan melakukan scan QR code merchant.
  • Pelanggan memasukkan nominal pembayaran.
  • Pelanggan memastikan jumlah dan nama merchant sudah benar.
  • Pelanggan akan diminta memasukkan PIN di aplikasi pembayaran.
  • Pembayaran berhasil.
  • Notifikasi pembayaran akan diterima oleh merchant.

2. Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis 

Sama dengan MPM statis, QR code jenis ini juga disediakan oleh merchant. Namun, QR code yang dimiliki bersifat tidak tetap atau dinamis.

MPM Dinamis akan menampilkan QR code berdasarkan transaksi yang dilakukan. Jadi,setiap pembeli akan mendapatkan QR code yang berbeda sesuai dengan transaksi pembeliannya. 

Cara pembayaran menggunakan MPM Dinamis adalah sebagai berikut:

  • Pelanggan melakukan pemesanan produk atau jasa. 
  • Merchant memproses pesanan dan menentukan nominal pembayaran.
  • QR code dibuat oleh merchant sesuai transaksi tersebut.
  • Pelanggan akan mendapatkan QR code untuk discan. 
  • Pembayaran berhasil. 

3. Customer Presented Mode (CPM) 

Berbeda dengan dua jenis sebelumnya, Customer Presented Mode  menggunakan QR Code yang dimiliki oleh setiap pelanggan. Sesuai aplikasi yang digunakan, pelanggan cukup menunjukkan QRIS yang muncul di aplikasi untuk kemudian discan oleh merchant

Namun, jenis QRIS ini masih dalam tahap pengembangan untuk digunakan secara luas. 

Cara Melakukan Pembayaran di Niagahoster Menggunakan QRIS

Saat ini Niagahoster juga menyediakan metode pembayaran QRIS. Jadi, akan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi berlangganan hosting murah, pembelian domain dan layanan lainnya.

Jenis QRIS yang dipakai di Niagahoster adalah QRIS MPM Dinamis. Artinya, Anda cukup scan QR code yang diberikan, lalu klik bayar melalui aplikasi pembayaran yang Anda gunakan.  

Nah, untuk lebih memudahkan Anda, kami akan memberikan panduan melakukan pembayaran dengan metode pembayaran QRIS di Niagahoster. Berikut ini langkah-langkahnya: 

Langkah 1 – Order Layanan di Niagahoster

memilih paket hosting Niagahoster

Anda bisa mengunjungi https://www.niagahoster.co.id/ dan pilih layanan hosting dan domain yang Anda inginkan. Lalu, ikuti panduan pembeliannya hingga masuk ke halaman pembayaran. 

Langkah 2 – Pilih metode pembayaran QRIS 

Pada halaman pembayaran, Anda akan melihat berbagai metode pembayaran yang disediakan. Salah satunya, QRIS, seperti di bawah ini. 

memilih metode pembayaran Qris di Niagahoster

Kemudian, klik Masuk untuk Checkout dan log in dengan akun Anda untuk melakukan pembayaran. 

Langkah 3 – Scan QRIS yang Anda Terima

Setelah klik Masuk untuk Checkout, Anda akan menerima QR code tagihan pembayaran. Scan QR code tersebut menggunakan aplikasi pembayaran digital apapun yang Anda miliki. 

QR code Qris untuk membayar layanan hosting Niagahoster

Pada contoh ini, kami membayar dengan OVO. Namun, Anda bisa menggunakan aplikasi pembayaran digital lainnya, seperti Gopay, DANA, LinkAja, Shopeepay, BCA mobile, dan lain sebagainya. 

tombol scan Qris di aplikasi OVO
review pembayaran melalui aplikasi ovo

Jangan lupa untuk memastikan jumlah tagihan dan nama penerima sudah sesuai dengan tagihan Anda. Lalu, klik tombol Bayar pada aplikasi pembayaran digital Anda. 

Langkah 4 – Pembayaran Berhasil!

Setelah klik tombol bayar dan telah dikonfirmasi, berarti pembayaran Anda telah berhasil!

Selanjutnya, Anda akan melihat informasi transaksi sukses. Inilah tampilan jika menggunakan aplikasi pembayaran OVO sebagai contohnya:  

tanda pembayaran berhasil di aplikasi OVO

Tanpa menunggu lama, sistem akan mengaktifkan produk yang telah dibayar secara realtime. Anda pun dapat langsung menggunakan layanan Niagahoster yang telah Anda beli. 

Pakai QRIS, Bayar di Niagahoster Lebih Mudah, Aman, dan Cepat!

Demikianlah penjelasan lengkap tentang QRIS dan panduan pembayarannya di Niagahoster.  

Dengan QRIS, transaksi pembayaran Anda di Niagahoster jadi lebih mudah, cepat, aman! Tak perlu lagi repot instal beberapa aplikasi pembayaran. Cukup scan dan klik bayar, layanan bisa langsung Anda gunakan. 

Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat. Silakan tentukan layanan Niagahoster pilihan Anda dan bayar pakai QRIS supaya lebih mudah. 

Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *