Vikra Alizanovic Vikra is a digital content writer at Niagahoster. He loves to confide and engage in people on hot topics regarding blogging, lifestyle, WordPress-stuffs, and other IT gimmicks. On his free time, he loves to read and watch One Piece.

Apa itu Ping? Berikut Ini Penjelasan dan Fungsinya!

3 min read

fungsi, cara kerja ping, dan manfaatnya

Bayangkan kalau Anda ingin mengakses sebuah website, tapi halamannya tak kunjung muncul. Tentu kesal, bukan? Namun, jangan panik, coba lakukan ping dulu untuk mengetahui masalahnya. Apakah karena koneksi lambat atau hal lain.

Nah, apa itu ping? Kenapa mengetahui cara cek ping itu penting?

Tenang, artikel berikut akan menjelaskan kepada Anda secara lengkap. Mulai dari apa arti ping, fungsi ping dan cara menggunakan ping dengan benar. Jadi mari simak lebih lanjut!

Apa itu Ping?

Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Network Groper. Secara sederhana, ping adalah perintah untuk mengecek status dan keberadaan host dalam sebuah jaringan internet.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan ping untuk mengecek apakah server dari website yang Anda akses berjalan baik. 

Ketika melakukan ping, Anda akan mendapatkan hasil sesuai dengan respon dari host tujuan.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara kerja ping?

Prinsip utama ping adalah seperti penggunaan sonar untuk mengukur kedalaman laut. Jadi, sebuah sinyal dikirimkan ke dasar, lalu lamanya waktu kembali ke atas menjadi dasar perhitungannya.

contoh cara kerja ping seperti sonar

Nah, cara kerja ping hampir mirip contoh di atas. Dengan perintah ping, Anda akan mengirim sebuah paket data berupa ICMP_ECHO ke host tujuan. Lalu, host akan membalas dengan paket data berupa ICMP_ECHOREPLAY. 

Kalau Anda tidak mendapat jawaban, itu artinya host mungkin sedang tidak aktif. Kalau jawaban yang Anda terima lama, bisa jadi ada kendala yang perlu dicari tahu lebih lanjut. 

Beberapa orang mungkin menganggap ping adalah tentang durasi dari proses di atas (latensi) saja. Padahal, ada banyak fungsi ping yang bisa Anda manfaatkan.

Nah, setelah mengetahui apa itu ping, mari memahami berbagai fungsi ping.

Fungsi Ping

banyak fungsi ping

Sesuai dengan cara kerjanya, ada tiga fungsi ping yang bisa Anda manfaatkan:

  • Mengecek apakah host atau server dalam keadaan aktif.
  • Mengukur berapa lama respon yang diberikan host sebagai petunjuk apakah ada kendala jaringan.
  • Melihat kualitas koneksi internet Anda berdasarkan hasil respon ping yang Anda terima.

Cara Cek Ping

Untuk mengecek ping pada komputer dengan sistem operasi Windows, inilah langkahnya:

1. Buka Command Prompt atau Windows PowerShell ( Windows 10).

membuka windows cmd atau powershell

2. Ketikan perintah ping dengan format: ping [alamat domain atau alamat IP] lalu tekan tombol Enter.

melakukan ping ke alamat domain

3. Tunggu ping berjalan untuk melihat hasilnya seperti di bawah ini.

Dengan perintah di atas, Anda akan mendapatkan informasi sebagai berikut:

  • Reply adalah balasan dari host yang diikuti oleh informasi alamat IP. Perintah default di atas, idealnya akan memberikan empat balasan (reply). Namun, bisa saja muncul Request Timed Out (RTO) yang artinya tidak ada balasan sesuai waktu tunggu dari ping tersebut.
  • Bytes adalah jumlah data yang dikirimkan. Untuk Windows, umumnya adalah 32 bytes.
  • Time adalah lamanya waktu respon dari host, yang dihitung dengan satuan ms, atau millisecond. Waktu ping yang bagus adalah di bawah 100ms, terutama kalau penggunaannya untuk game online yang menuntut ping yang rendah.
  • TTL (Time To Live) merupakan durasi sebuah paket data dapat berada di jaringan, yang dicatat dalam hitungan detik. Umumnya, TTL diatur pada kisaran ideal 64 detik.

Selain cara default di atas, Anda juga bisa melakukan  ping dengan perintah khusus, antara lain:

  • ping [nama domain] -t : untuk melakukan ping secara terus-menerus. Cara ini berguna untuk memantau kualitas koneksi secara real time. 
  • ping [nama domain] -n : untuk melakukan ping sebanyak jumlah angka yang Anda masukkan pada n.

Nah, selain melakukan pengecekan lewat komputer, Anda juga bisa cek ping dari smartphone. Cara cek ping untuk mengetahui kecepatan koneksi internet bisa juga dilakukan dengan tools online seperti Speedtest.net.

Solusi Mengatasi Kendala Setelah Cek Ping

Ping bermanfaat untuk mengetahui sumber kendala saat Anda tidak bisa mengakses server website atau host. Nah, berikut ini beberapa solusi sesuai kendala yang terjadi:

1. Periksa Perangkat Internet Anda

Ketika Anda melakukan ping, balasan yang muncul bisa saja berupa pesan error seperti:

  • TTL expired in transit
  • Destination Host Unreachable
  • Unknown Host
  • Ping transmit failed: general failure error

Pesan error di atas umumnya disebabkan karena ada kendala pada perangkat Anda.

Solusinya, Anda bisa mencoba memastikan bahwa perangkat internet seperti wifi router atau kabel internet dalam keadaan aktif dan tersambung dengan baik.

Kalau kendala masih terjadi, cobalah merestart modem Anda. Apabila masih tetap sama, konsultasikan ke penyedia layanan internet Anda.

2. Gunakan Layanan Internet yang Berkualitas

Kalau saat cek ping, hasil yang Anda dapatkan buruk, cobalah gunakan penyedia layanan internet (ISP) yang berbeda dan cek ping kembali. Apabila hasil yang diterima lebih baik, bisa jadi kendalanya pada ISP yang pertama.

Kualitas koneksi internet sangat menentukan apakah Anda bisa mengakses website, game atau kegiatan online lainnya dengan baik. Oleh karena itu, gunakan layanan internet yang dapat diandalkan, ya. 

3. Periksa Penggunaan Bandwidth

Setiap ISP memiliki ketentuan jumlah bandwidth yang bisa Anda gunakan, sesuai paket internet yang dipilih. Kalau saat cek ping hasilnya sering RTO, pastikan tidak ada penggunaan bandwidth di luar ketentuan.

Sebagai contoh, kalau internet digunakan oleh banyak orang secara bersamaan, dan hasilnya adalah ping dengan ms besar, cobalah akses internet dengan satu perangkat terhubung, dan cek ping kembali. Apabila hasil ping lebih baik, maka kendala bisa terkait penggunaan bandwidth-nya.

Anda bisa menggunakan paket yang lebih besar sesuai kebutuhan Anda.

4. Cek Pengaturan Firewall

Firewall berfungsi untuk  mengecek transfer data di  komputer Anda. Proses ini bisa saja mempengaruhi kecepatan internet dan hasil ping yang ditunjukkan.

Apabila firewall Anda aktif dan akses website jadi lambat serta ping jadi besar, Anda bisa mencoba menonaktifkan firewall Anda. Namun, sebaiknya selalu aktifkan firewall untuk keamanan, ya.

Anda juga bisa memastikan dulu bahwa tidak ada pengaturan yang keliru pada firewall Anda. Jika saat dicek hasil ping masih buruk, bisa jadi masalahnya bukan dari firewall.

5. Pentingnya Server yang Cepat

Kualitas server website atau game yang Anda akses menentukan kecepatan koneksinya. Server yang lambat, saat Anda cek tentu akan memberikan hasil ping ms yang buruk.   

Kalau Anda adalah pemilik website, hindari kendala ping tinggi sehingga website sulit diakses dengan memilih server yang cepat. Jadi, tidak akan membuat pengunjung Anda kecewa karena menunggu loading website yang lama.

Saat ini banyak penyedia layanan hosting server Indonesia sudah menggunakan teknologi server tercepat, kok. Salah satunya Niagahoster yang menggunakan LiteSpeed Web Server. Dengan server yang cepat, kendala ping tinggi jadi lebih jarang terjadi.

Sudah Tahu Apa Itu Ping?

Ping adalah perintah untuk mengecek status dari sebuah host/server. Dengan ping, Anda dapat mengetahui penyebab kendala saat mengakses sebuah website.

Sesuai dengan cara cek ping yang sudah kami jelaskan di atas, Anda akan mendapatkan informasi berupa status dari server dan lamanya respon server dalam satuan ms atau milisecond. 

Ping juga bermanfaat untuk mengetahui sumber permasalahan dan mengatasinya sesuai dengan berbagai solusi yang telah kami bahas. Bisa dari perangkat, penyedia layanan internet, atau bahkan kualitas server dari website tujuan. 

Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda masih punya pertanyaan terkait ping, silahkan tinggalkan komentar di bawah, ya.

Vikra Alizanovic Vikra is a digital content writer at Niagahoster. He loves to confide and engage in people on hot topics regarding blogging, lifestyle, WordPress-stuffs, and other IT gimmicks. On his free time, he loves to read and watch One Piece.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *