Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

Apa Itu Managed WordPress Hosting? 9+ Keunggulan yang Anda Butuhkan!

7 min read

apa itu managed wordpress

Seringkali pengguna WordPress.com gratis menemukan dilemma. Mau upgrade ke WordPress.com berbayar atau WordPress.org dengan layanan hosting? Kabar baiknya, saat ini sudah ada alternatif baru, yaitu Managed WordPress Hosting.

Tak jarang, WordPress.com Premium diragukan karena kurangnya fleksibilitas saat instal plugin maupun kustomisasi tema. Begitu pula jika memilih WordPress.org, masih ada kekhawatiran soal sulitnya mengelola website di hosting.

Semua kekurangan telah itu terjawab oleh Managed WordPress. Karena layanan ini ditujukan bagi Anda yang menginginkan kemudahan penggunaan seperti WordPress.com, tapi resource yang mumpuni layaknya WordPress.org.

Misalnya, bebas dari pengelolaan server yang rumit, bebas install custom plugin dan tema, punya domain sendiri, hingga jaminan keamanan dan kecepatan website. 

Itu mengapa Managed WordPress Hosting dinilai paling ideal dan menjawab kebutuhan para pengguna WordPress! 

Sudah cukup spoilernya ya, mari kita langsung saja berkenalan dengan Managed WordPress Hosting.

Apa Itu Managed WordPress Hosting?

Seperti namanya, Managed WordPress adalah layanan hosting pertama dan satu-satunya di Indonesia yang berfokus pada CMS WordPress. Hosting ini didesain khusus untuk mengutamakan kemudahan pengelolaan WordPress. 

Anda dapat membangun blog atau website dengan mudah tanpa memusingkan hal-hal teknis. Karena persoalan teknis Anda akan dibantu penuh oleh penyedia hosting.  

Misalnya, tidak perlu mengakses cPanel untuk melakukan pengaturan sendiri seperti di hosting biasa. Dengan begitu, website akan jauh lebih aman karena Anda tidak perlu melakukan editing file sendiri yang dapat berakibat fatal. 

Begitupun soal kecepatan, keamanan, bandwidth, dll. Semuanya sudah dioptimasi oleh penyedia hosting, seperti halnya di WordPress.com. Sehingga performa server dan website Anda tetap stabil. 

Jadi, tak perlu utak-atik secara teknis, terima jadi saja. Praktis, bukan?

Selain itu, masih banyak keunggulan dari Manage WordPress Hosting. Mau tahu apa saja? Yuk ke bagian selanjutnya!

Keuntungan Menggunakan Managed WordPress Hosting

Managed WordPress Hosting merupakan solusi bagi Anda yang menginginkan kemudahan dan kebebasan dalam pengelolaan WordPress.

Apalagi bagi blogger yang ingin fokus membangun konten atau website bisnis yang ingin mengembangkan pasar.

Managed WordPress Hosting adalah jalan tengah antara keterbatasan fitur WordPress.com Premium dan pengelolaan web hosting yang sedikit rumit.

Secara singkat, keunggulan utama Managed WordPress Hosting dapat Anda lihat seperti di bawah ini.

keunggulana managed wordpress dibanding layanan hosting dan wordpress.com premium

Namun, masih banyak keunggulan layanan Managed WordPress yang dapat Anda pertimbangkan. Berikut ulasannya.

1. WP Management: Satu Dashboard untuk Pengelolaan Mudah

Managed WordPress Hosting di Niagahoster memberikan satu dashboard khusus untuk pengelolaan WordPress. Di dalamnya terdapat semua fitur yang Anda butuhkan.

contoh dashboard WP Management untuk Managed WordPress Hosting

Hanya dengan satu halaman, banyak hal yang dapat Anda lakukan. Misalnya, mengaktifkan WP Accelerator untuk meningkatkan kecepatan, install WordPress, transfer WordPress, melakukan backup dan restore, membangun website staging, dll.

Berbeda dengan WordPress.com yang hanya memberikan dashboard bawaan WordPress. Anda tidak memiliki keleluasaan seperti WP Management dari Niagahoster.

dashboard WordPress.com

Akibatnya, sulit membuat staging website karena perlu plugin tambahan, harus update manual yang kemungkinan dapat merusak file website, dan masih banyak keterbatasan lainnya.

Sedangkan di layanan hosting biasa, Anda perlu masuk ke akun cPanel untuk melakukan pengelolaan lebih lanjut. Misalnya, instalasi WordPress baru, staging website, dll.

dashboard setting cPanel

cPanel memang dapat dipelajari dan Niagahoster memiliki tutorial lengkapnya. Namun, bagi yang belum familiar dengan cPanel, tetap ada kemungkinan salah setting, membutuhkan bantuan ahli, dan tidak jarang website malah menjadi rusak.

Dashboard WP Management di Member Area Niagahoster

Tapi tenang, ketika menggunakan Managed WordPress Hosting Anda tidak perlu pusing soal cPanel, kok. Semua setting website dapat Anda lakukan di WP Management dengan tampilan yang sangat user-friendly.

Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, salah klik saat setting di cPanel, editing langsung ke file website yang menyebabkan kerusakan pada script, bahkan tanpa sengaja menghapus file penting.

2. Proteksi Managed WordPress Terbaik

Sebenarnya, keamanan standar dari WordPress.com sudah cukup terjamin. Namun, bukan berarti website dapat bebas sepenuhnya dari attacker.

Kasus yang banyak terjadi, pengguna seringkali memasang plugin, tema, ataupun kode yang tidak dibuat dengan baik, apalagi jarang di update.

Hal itu dapat membuka celah bagi attacker untuk membuka akses dan menanam malware berbahaya di website Anda dengan mudah. 

Karena sangking banyaknya pengguna WordPress.com saat ini, kejahatan internet yang mengintai para usernya pun juga semakin besar. 

Riset menunjukkan, 70% dari 40.000 website WordPress rentan diserang hacker! Itulah mengapa Anda memerlukan keamanan lebih tinggi lagi.

Baca juga: Mengenal Cyber Crime, Kejahatan Online yang Wajib Diwaspadai

Beda halnya dengan Managed WordPress yang memiliki keamanan berlapis, sama ampuhnya seperti layanan hosting pada umumnya.

Di layanan Managed WordPress Niagahoster, website Anda akan dilindungi dengan Imunify360. Fitur ini berperan dalam menghalau malware dan DDoS yang selalu mengintai website.

Imunify360 akan secara rutin melakukan scanning di website Anda setiap hari. Dan jika ada malware yang menyerang website, Anda akan mendapatkan email laporan otomatis, lengkap dengan cara membersihkan dan mengoptimasi keamanan.

Bukan hanya melindungi dari malware, sistem keamanan ini juga memiliki fitur lain, seperti:

  • Perlindungan dengan teknologi artificial intelligence (AI).
  • Memblokir alamat IP yang melakukan aktivitas mencurigakan di website Anda.
  • Secara real-time otomatis menghentikan malware yang tidak dapat terdeteksi scanner.
  • Update server tanpa mengganggu kinerja website.

Selain itu, ada juga perlindungan tambahan dari LiteSpeed Enterprise. Fitur ini melindungi dari Brute Force yang dapat menyebabkan server overload.

Dengan begitu, website Anda dapat lebih terlindungi, bahkan dari hacker, cracking, dan kejahatan di internet lainnya.

3. Performa dan Kecepatan Maksimal

WordPress.com masih mengandalkan kecepatan pada plugin pihak ketiga, itupun hanya di paket Bisnis dan eCommerce. Sedangkan, Managed WordPress Hosting Niagahoster sudah lebih unggul dengan fitur LiteSpeed Enterprise di semua paket

LiteSpeed Enterprise adalah web server tercepat di dunia yang dapat membuat akses server dan website jauh lebih gesit, tanpa beban loading yang besar. Hal ini bisa terjadi karena adanya sistem web cache.

Web cache adalah penyimpanan sementara data website di server maupun browser. Sistem ini dapat menampilkan data website dengan lebih cepat ketika pengunjung membutuhkannya.

Saat ini, plugin LiteSpeed Cache merupakan plugin paling unggul dibanding yang lainnya, seperti WP Super Cache, WP Rocket, ataupun W3 Total Cache

Perbedaan LiteSpeed Cache dengan web cache lain

LiteSpeed Cache ini hanya dapat bekerja dengan baik di server LiteSpeed, seperti Niagahoster. Anda dapat mengaktifkan LiteSpeed Cache dengan WordPress Accelerator yang ada di WP Management. 

Baca Juga: Web Hosting vs Managed WordPress Hosting: Manakah yang Tepat untuk Anda?

4. Daily Backup: Data Aman Setiap Hari

Keuntungan Managed WordPress lainnya yaitu fitur daily backup otomatis. Dengan adanya backup rutin, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data penting. Restore data pun dapat dilakukan kapanpun Anda mau.

Fitur daily backup otomatis Managed WordPress Hosting

Berbeda dengan WordPress.com, di mana backup akan menimpa dan menghapus semua konten dan pengaturan setelah titik waktu tertentu waktu. 

Agar tidak kehilangan file sebelum backup, Anda pun harus mengekspor manual semua file terlebih dahulu. Kurang efektif, bukan?

Namun, daily backup Managed WordPress ini dilakukan pada keseluruhan file website. Selain itu, fitur ini dinilai jauh jauh lebih optimal dibanding paket hosting Niagahoster lainnya, karena:

  • Unlimited Hosting dilakukan mingguan dengan maksimal file 10 GB. 
  • VPS dengan backup mingguan dan hanya dapat melakukan full restore.

Sedangkan, Managed WordPress Hosting dapat melakukan backup file sesuai dengan disk space paket yang digunakan. Artinya, file website Anda dapat di backup hingga 50 GB untuk pake WP Profesional.

Baca juga: Ayo Backup Data Website! Ini 7 Resiko yang Bisa Anda Hindari

5. Bebas Install Plugin dan Tema

Salah satu keterbatasan terbesar WordPress.com yaitu tidak semua plugin dan tema dapat diinstall. 

Hanya pada paket Bisnis dan eCommerce Anda dapat bebas install tema dan plugin. Tentunya Anda harus merogoh kocek lumayan dalam, antara Rp298-534 ribu.

Untuk itulah Managed WordPress hadir sebagai solusi. Anda dapat bebas melakukan instalasi plugin maupun tema.

Hal ini sangat membantu Anda dalam melakukan kustomisasi, seperti mengubah tampilan dan menambah fitur. Baik untuk membangun website bisnis, toko online, portal berita, atau apapun yang Anda mau menjadi lebih mudah!

Dengan fitur ini, Anda dapat mengutak-atik website sesuai kebutuhan, tanpa biaya jasa lagi!

Apalagi dengan fitur canggih Imunify360, Anda bisa selalu tahu plugin atau tema mana yang belum terupdate dan berpotensi terserang malware. 

Tentu saja hal tersebut tidak bisa Anda dapatkan di WordPress.com.

6. Auto Update dan Staging Website dalam Satu Klik

Pada WordPress.com, tidak semua tema dan plugin dapat di-update secara otomatis. Hanya plugin dan tema yang terdaftar di repositori WordPress-lah yang didukung fitur auto update.

Sedangkan, jika Anda menggunakan custom plugin atau tema, maka mau tidak mau harus melakukan update sendiri. Dengan resiko website rusak atau error karena update manual tidak selalu kompatibel dengan versi WordPress.

Eits, tak perlu khawatir. Jika Anda menggunakan Managed WordPress Hosting, semua update akan dilakukan secara otomatis

fitur auto update Managed WordPress Hosting Niagahoster

Anda juga tak perlu khawatir resiko file atau website rusak. Karena WP Management selalu melakukan daily backup, maka jika terjadi error, sistem akan secara otomatis melakukan restore ke kondisi sebelum error terjadi. 

Di mana lagi bisa update WordPress tanpa khawatir?

Tidak berhenti sampai di sana, Managed WordPress juga dilengkapi dengan fitur website staging. Ketika Anda ingin melakukan update plugin, kustomisasi tema, dan lainnya, Anda akan dibekali satu website kloningan.

Setelah memastikan bahwa semua settingan website Anda sudah sesuai dengan keinginan, maka dengan satu klik Anda dapat merilis ke website asli.

Fitur staging website di Managed WordPress Hosting dalam satu klik

Berbeda dengan WordPress.com yang mengharuskan Anda memasang plugin baru. Pun di layanan hosting biasa, Anda perlu melakukan konfigurasi staging di cPanel.

7. Install Otomatis Yoast SEO dan Google Site Kit

Salah satu kelebihan Managed WordPress adalah instalasi otomatis Yoast SEO dan Google Site Kit. Keduanya merupakan plugin yang dapat membantu optimasi SEO website Anda.

Yoast SEO adalah plugin optimasi SEO paling populer untuk WordPress. Sedangkan, Google Site Kit adalah plugin yang dapat menampilkan data performa website Anda. 

Baca juga: Plugin Rank Math vs Yoast SEO – Mana yang Lebih Baik?

Caranya dengan mengintegrasikan beberapa tools Google dalam satu dashboard, misalnya:

Dan tentu saja, keduanya tidak akan terinstall otomatis jika Anda menggunakan WordPress.com ataupun layanan hosting biasa.

Dengan instalasi otomatis tersebut, proses optimasi dapat berjalan jauh lebih cepat dan efektif. 

Baca juga: Belajar SEO Terbaru untuk Pemula (Update 2021)

8. Gratis SSL Selamanya

SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer yang berfungsi mengamankan dan mengenkripsi transfer data di website Anda.

Sangking pentingnya sertifikat ini, Google melabeli Not Secure alias tidak aman bagi website yang tidak memilikinya.

ilustrasi keamanan website dengan sertifikat SSL

Nah, sama seperti Unlimited hosting dan Cloud hosting di Niagahoster, Managed WordPress juga memberikan SSL gratis selamanya. Cara aktivasinya pun sangat mudah di Member Area Niagahoster. 

Dengan begitu, website Anda akan berjalan dengan lebih aman dan berpengaruh baik pada kepercayaan pengunjung. 

Baca juga: Cara Install SSL di Hosting | Gratis dan Berbayar

9. Premium Support 24/7

Salah satu kelebihan Managed WordPress Hosting dari Niagahoster yaitu fitur bantuan 24/7. Baik perihal WordPress, WP Management, domain, dll, Customer Success Agent kami akan siap sedia kapanpun Anda butuhkan.

Anda dapat mengakses bantuan baik melalui telepon, WhatsApp, maupun email. Mau yang lebih cepat? Anda dapat menggunakan fitur live chat di Member Area Niagahoster maupun landing page.

fitur live chat untuk premium support Managed WordPress

Tak perlu menunggu waktu lama, karena rata-rata respons dari Customer Success Agent tidak sampai satu menit, loh!

10. Harga Terjangkau untuk Pengalaman Terbaik

Dengan sekian banyaknya fitur di Managed WordPress Hosting, bukan berarti layanan ini memiliki harga yang mencekik, kok.

Fitur Manage WordPress yang lebih unggul dibanding WordPress.com, tapi dengan harga yang lebih terjangkau. 

Perbandingan harga dan paket Managed WordPress Niagahoster vs WordPress.com

Mari bandingkan, harga termurah WordPress.com mulai dari Rp44.700 per bulan, itupun dengan fitur yang sangat terbatas. Sedangkan Manage WordPress Hosting dengan fitur super lengkap, mulai dari Rp32.100 saja per bulan!

Baca Juga: WordPress.com vs Managed WordPress Hosting: Mana yang Tepat untuk Anda?

Gabung Managed WordPress Hosting dari Niagahoster!

Hingga saat ini, Managed WordPress Hosting pertama dan satu-satunya di Indonesia dikeluarkan oleh Niagahoster. Hal ini sebagai bentuk komitmen Kami untuk menjadi layanan hosting terbaik di Indonesia.

Dengan fitur lengkap dan harga terjangkau, Anda dapat membangun website powerful tanpa perlu memusingkan perihal teknis. 

Tujuannya, agar pengguna dapat fokus pada konten blog atau website. Karena tidak memiliki keterbatasan seperti WordPress.com, juga tidak memiliki pengelolaan yang rumit seperti hosting biasa. 

Nah, karena tujuan dan kebutuhan setiap website dapat berbeda, Managed WordPress Hosting Niagahoster saat ini memiliki tiga paket yaitu, WP Beginner, WP Startup, dan WP Profesional. 

Perbedaan ketiganya hanya terdapat pada:

PerbedaanWP BeginnerWP StartupWP Profesional
Cocok digunakan olehBlogger newbie atau pemula dalam dunia WordPress.Pengguna WordPress yang pernah menggunakan hosting, tapi memiliki kendala dalam mengelola server hosting. Sekelas website bisnis yang menginginkan kemudahan pengelolaan dengan resource hosting yang tinggi.
Cocok untuk membangun websiteBlog pribadi.Personal Branding, company profile, ataupun website portofolio.Toko online, website bisnis, dll.
Website yang dapat diinstal1 Website3 Website5 Website
VisitorSekitar 15.000 pengunjung/bulanSekitar 135.000 pengunjung/bulanSekitar 450.000 pengunjung/bulan
Domain gratisTidakGratis 1 tahunGratis 1 tahun
Disk Space3GB30 GB50 GB

Selain poin-poin di atas, semua fitur yang telah dijabarkan tersedia di setiap paket

Sst! Manage WordPress Hosting sedang ada diskon, loh!

WP BeginnerWP StartupWP Profesional
Rp53.500Rp32.100Rp199.667Rp59.900Rp274.750Rp109.900

Tunggu apalagi? Fitur lengkap harga bersahabat, gratis migrasi!

Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.