Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

Mengenal IGTV: Manfaat, Cara Membuat, Tips, dan Kelebihannya

6 min read

igtv untuk bisnis, manfaat, tips, dan cara membuatnya

Masih ingat waktu dulu televisi masih menjadi idola? Tiap satu iklan yang biasa kita tonton selama 30 detik itu harganya sangat mahal, lho. Bisa belasan, puluhan, bahkan sampai ratusan juta rupiah ketika prime time

Wah, kebayang seberapa besar pengeluarannya cuma untuk iklan saja? Beruntungnya Anda bisa beriklan lebih cepat, mudah, dan murah di era digital seperti sekarang. 

Salah satunya dengan memanfaatkan media promosi paling jitu yaitu IGTV

Bayangkan bisnis Anda dapat menjangkau jutaan orang, membuat konten promosi dengan durasi lebih lama, tayangan tanpa batas waktu, dan pastinya berbudget rendah.

Tergiur? Sabar dulu…

Agar IGTV Anda makin maksimal, mari ketahui apa itu IGTV, bagaimana cara kerjanya, apa manfaat dan kelebihannya di artikel ini. 

Apa itu IGTV?

IGTV adalah fitur dari Instagram yang memungkinkan penggunanya meng-upload video dengan durasi lebih panjang. 

Di fitur posting biasa, video yang dapat diupload hanya terbatas sampai satu menit saja. Apalagi di fitur instastory, hanya 15 detik!

Namun melalui IGTV, akun biasa dapat mengunggah video sekitar 1-15 menit. Dan untuk akun yang sudah terverifikasi, dapat meng-upload video dengan durasi hingga satu jam.

Mengapa Harus Menggunakan IGTV untuk Bisnis?

IGTV menjadi sarana yang sangat ampuh untuk memasarkan bisnis dengan upaya Instagram marketing. Bukan tanpa alasan kok, mari simak beberapa manfaat IGTV untuk bisnis Anda, sebagai berikut:

1. Membangun Komunitas Pelanggan 

Dengan IGTV, Anda memiliki kesempatan menjaring audiens loyal yang harapannya akan berkembang menjadi komunitas. 

Sesuai  dengan konsep community marketing, di mana brand Anda secara aktif berkomunikasi dengan konsumen. 

Tujuannya, bukan hanya untuk membangun hubungan baik dengan konsumen dalam jangka panjang.

Namun juga meningkatkan kesetiaan dan kepercayaan dari konsumen, meningkatkan brand awareness, hingga mendapatkan masukan atau saran untuk perkembangan bisnis Anda.

2. Mendongkrak Penjualan

Tujuan utama dari bisnis Anda pastinya mencapai target penjualan, ya kan? Nah, yang perlu Anda lakukan di IGTV adalah meyakinkan konsumen untuk masuk ke tahap pembelian.

Caranya adalah dengan membuat konten promosi yang lebih spesifik. Misalnya, review produk, tutorial atau demo produk, dll.

Semua konten promosi harus dapat “mengajak”, sehingga konsumen berada di titik yakin untuk membeli produk atau layanan Anda.

Seperti contoh demo produk yang dilakukan oleh Pero Indonesia di bawah ini.

contoh konten yang meyakinkan audiens IGTV untuk membeli

3. Meningkatkan Engagement dengan Konsumen

Membangun engagement adalah hal penting untuk menciptakan hubungan baik dengan calon konsumen. Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. 

Misalnya, membuat konten edukasi, behind the scene pembuatan produk, diskusi dengan pakar maupun menerapkan jenis-jenis video marketing lainnya. 

Singkatnya, dengan konten-konten promosi halus semacam ini Anda bisa “berteman” dengan audiens.  Lalu, perlahan mereka akan “naik level” menjadi konsumen Anda.

Selain itu, kombinasi engagement dan konten IGTV yang juga bermanfaat membuat konten Anda di-share oleh para pengikut loyal.

Maka, engagement juga berperan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. 

4. Mengembangkan Branding Lebih Mudah

IGTV memungkinkan Anda untuk sepenuhnya berkreasi membuat video promosi, baik dari topik video maupun aspek pendukung lainnya. 

Hal itu bisa digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan branding, di mana branding adalah identitas yang melekat pada bisnis. Anda bisa mengembangkan branding, misalnya dengan menampilkan keunggulan produk, mengenalkan karakter bisnis, product branding, corporate branding, dll.

Branding dapat Anda kemas dalam channel atau IGTV Instagram bisnis Anda. Seperti channel televisi, Anda dapat mengatur sendiri program siaran Anda. 

Misalnya minggu ini Anda memproduksi episode review produk, atau membuat series tips and trick, dan lain sebagainya.

Semuanya dapat Anda sesuaikan dengan ciri khas bisnis, gaya bahasa, warna dominan, penggunaan logo, dll. Sehingga dapat lebih menancapkan branding bisnis Anda ke hati konsumen.

5. Dapat Digunakan untuk Cross Promotion

IGTV bukan cuma untuk promosi produk dan layanan saja loh, Anda juga bisa melakukan cross promotion ke media sosial lainnya. 

Caranya, arahkan audiens IGTV Anda ke platform bisnis Anda yang lainnya. Contohnya, ke website bisnis, subscribe YouTube, hingga mengikuti event yang Anda adakan, dan lain-lain.

Hal ini dilakukan agar promosi lebih maksimal. Sehingga Anda bisa mengenalkan produk lebih luas ke konsumen Anda.

Cara Membuat IGTV

Membuat IGTV sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah singkat di bawah ini.

1. Pastikan Pakai Instagram Bisnis

Tahukah Anda, bahwa 60% orang menemukan produk baru melalui Instagram?

Mau juga dong produk atau layanan Anda dikenal banyak orang? Sebelum membuat video IGTV, pastikan Anda telah membuat Instagram bisnis.

Karena bukan hanya menunjukkan kredibilitas, Instagram bisnis juga memiliki fitur-fitur unggulan. Seperti Instagram Insight, Instagram Ads, tombol kontak dan email, dan kategori bisnis.

gunakan instagram bisnis untuk konten IGTV

2. Buat Video IGTV Sesuai Kriteria

Meskipun berbudget minimal, tapi pembuatan IGTV tetap harus maksimal ya. Untuk hasil yang lebih baik, kami sudah merangkum beberapa kriteria video IGTV.

kriteria video IGTV yang baik

Selain kriteria di atas, Anda juga perlu memperhatikan  beberapa hal berikut:

  • Pastikan durasi video yang di-upload tidak terlalu lama ataupun terlalu cepat. Kontennya pun harus menarik karena sekalinya penonton bosan, mereka bisa beralih  ke konten lain sangat cepat;
  • Pemilihan rasio video dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Video versi vertikal disarankan untuk live IGTV, interview dengan pembicara, review produk, dll. Sedangkan versi horizontal baik digunakan pada dedicated video, seperti kampanye, video anniversary, promosi, dll.
  • Demi kenyamanan audiens, gunakan resolusi video minimal 720 piksel dengan frame rate paling tidak 30 FPS.
  • Untuk mempersingkat loading video, pastikan tidak melebihi besaran Megabyte yang disarankan. 

3. Saatnya Upload!

Tahap ini terdiri dari beberapa langkah sederhana, hanya tinggal klik-klik-klik, dan selesai. Selengkapnya, mari ikuti langkah berikut.

Pertama, masuk ke Instagram Bisnis dan klik tanda + di bagian bawah.

tutorial upload IGTV

Selanjutnya, pilih video yang ingin Anda jadikan IGTV dan klik tanda panah biru di kanan atas.

cara mengunggah IGTV dari Gallery

Lalu, pilih opsi Long Video dan klik Continue.

pilih opsi long post agar video dibagikan dalam format IGTV

Setelah itu, Anda dapat memilih foto yang akan menjadi sampul atau thumbnail video IGTV Anda. 

Klik Add from Gallery untuk memilih foto, atau klik Next jika Anda ingin menjadikan awal video sebagai cover.

cara menambahkan thumbnail IGTV

Jika sudah memilih cover, maka preview cover IGTV akan ditampilkan. Jika sudah tepat, silakan klik Next.

setting thumbnail atau cover IGTV

Langkah terakhir, isikan judul IGTV dan deskripsi. Anda bisa menuliskan hashtag di bagian deskripsi. Lalu klik Post

posting IGTV lengkap dengan judul video, hashtag, dan deskripsi

Dan tada! IGTV Anda sudah terupload dan siap menggaet konsumen di Instagram.

7 Pro Tips untuk IGTV yang Profesional

Semua orang bisa meng-upload seperti di atas. Namun, karena IGTV Anda membawa nama baik bisnis, kami akan berikan tips tambahan agar konten Anda lebih ciamik lagi. Disimak ya.

1. Tarik Perhatian Lewat Cover atau Thumbnail

Don’t judge a book by it’s cover sepertinya kurang berlaku bagi IGTV. Cover atau thumbnail memainkan peranan penting untuk memikat audiens.

ukuran rasio thumbnail IGTV

Sebisa mungkin gunakan thumbnail custom sesuai rasio yang diperlukan. Ada beberapa rasio thumbnail yang mungkin akan Anda butuhkan di IGTV, yaitu:

  • Rasio 9:16 untuk video vertikal – Biasanya juga digunakan untuk cover IGTV dan IGTV feed.
  • Rasio 16:9 untuk video horizontal – Untuk cover kurang disarankan.
  • Rasio 1:1 untuk Instagram Grid – Disarankan untuk membuat satu cover khusus agar presisi dengan postingan lainnya.
  • Rasio untuk Instagram Feed – Bagi IGTV horizontal maka rasionya 5:4 dan vertikal 4:5. Tetapi biasanya hal ini tidak perlu dipusingkan, karena Instagram mendukung feed dengan layar penuh.

Pembuatan tiap cover tidak ribet kok. Anda hanya perlu mengatur satu foto ke beberapa rasio yang diperlukan.

2. Perhatikan Judul

Mari perhatikan kedua IGTV di bawah ini:

contoh penulisan judul IGTV yang harus diperhatikan

Apa bedanya?

Yang kiri, selain covernya menarik, judulnya juga singkat, padat, dan jelas. Beda dengan gambar di sebelah kanan, judulnya agak sedikit tersembunyi dan hmm… terpotong.

Untuk menghindarinya, jangan gunakan judul yang terlalu panjang. Cukup dengan 20 hingga 25 karakter

3. Pakai Hashtag

Pernah lihat IGTV memakai hashtag? Misalnya seperti di bawah ini.

optimasi IGTV dengan menggunakan hashtag

Penggunaan hashtag bukan tanpa alasan, sebuah hashtag berfungsi sebagai pengelompok konten-konten yang serupa. 

pentingnya penggunaan hashtag untuk IGTV

Misalnya hashtag #afteroffice diatas yang ternyata juga digunakan oleh 436 ribu postingan lainnya. Hal itu menunjukkan kepopuleran topik yang dicari pengguna.

Selain itu, menggunakan minimal satu hashtag dapat meningkatkan engagement hingga 12,6%, loh! Wow, bagaimana bisa?

Di tiap hasil pencarian hashtag, terdapat kategori Top dan Recent. Nah, makin banyak engagement, makin tinggi peluang muncul di pencarian.

kategori top dan recent yang memungkinkan IGTV dilihat banyak orang

4. Sediakan Subtitle

Penggunaan subtitle di video IGTV terkesan butuh effort lebih. Namun ada beberapa alasan kenapa IGTV Anda wajib memiliki subtitle:

  • Membantu audiens yang sedang berada di tengah kebisingan dan tidak dapat mendengar audio IGTV dengan jelas.
  • Menjangkau audiens penyandang disabilitas tuna rungu.
  • Cara tepat untuk memberi kesan mendalam dan eksklusif pada setiap konten. 
contoh penggunaan subtitle IGTV

5. Tanggapi Setiap Komentar

Fitur komentar Instagram memang terlihat sangat simpel, tetapi bisa sangat menarik perhatian. Apalagi jika komentar audiens Anda balas dengan akun official, wah terasa sekali spesialnya..

interaktif dengan audiens dapat meningkatkan engagement

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus rajin membalas komentar audiens, yaitu:

  • Meningkatkan peluang menjadi Top Post – Cara kerja algoritma Instagram yaitu melihat dari Amount of Engagement (jumlah like, share, komentar) dan Quickness of Engagement (seberapa cepat mendapatkan like, share, dan aktivitas komentar).
  • Membangun social proof – Semakin tinggi pengaruh positif, akan berdampak pada jumlah like, komentar, views, share, dan save, sehingga kemungkinan mendapatkan konsumen potensial makin meningkat.
  • Pendekatan personal kepada audiens – Membangun komunikasi interaktif dapat meningkatkan engagement.

6. Maksimalkan Fitur Insight

Inilah mengapa Anda harus menggunakan Instagram bisnis. Di sana terdapat fitur insight sehingga Anda dapat memantau performa Instagram marketing, termasuk IGTV.

fitur insight untuk memantau performa IGTV

Melalui fitur ini, Anda dapat mengukur konten IGTV seperti apa yang lebih diminati. Karena Anda akan mendapatkan data penambahan follower, interaksi, konten yang dibagikan, dan lain sebagainya.

7. Upload Secara Konsisten

Percayalah, semua hal di atas akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan upload secara konsisten. Jangan stop membuat IGTV. 

Karena jika berhenti, audiens yang sudah susah payah Anda bangun, bisa kabur karena menganggap Instagram bisnis Anda sudah berhenti. Oh no!

Jadi, setiap ada kesempatan, buatlah konten IGTV yang bermanfaat, misalnya:

  • Merayakan hari besar, hari bersejarah, atau hari spesial. Contohnya, hari ulang tahun bisnis, perayaan Harbolnas, dan lain-lain.
  • Buat konten dengan event menarik. Misalnya, bincang santai dengan konsumen Anda, sekalian testimoni hehehe.
  • Maksimalkan fitur series untuk memperkaya topik-topik IGTV, sekaligus membantu audiens mendapatkan konten yang serupa di Instagram Anda. 

Yang lebih keren lagi, Anda dapat membuat satu series dengan beberapa episode atau part.

Sehingga sekali audiens menonton satu part, maka kemungkinan akan penasaran kelanjutannya, tertarik, dan menonton part lainnya. 

Alasan Kenapa IGTV Tepat Untuk Promosi Bisnis

Sudah tahu manfaat, cara membuat, dan tips jitu menggaet pemirsa dari IGTV, kan? Sudah merasa yakin menjadikan IGTV sebagai salah satu media promosi?

Jika belum, berikut beberapa hal yang akan Anda dapatkan dari IGTV, yaitu:

  • Fleksibel – Anda dapat memposting video dengan durasi lebih lama, konten lebih variatif, dapat diambil dari Live IG oleh dua orang sekaligus, dapat disimpan, dan ditonton kapanpun dimanapun.
  • Adanya fitur series – Sebelum meng-upload, Anda dapat menambahkan series atau membuat series baru. Fitur ini mempermudah audiens yang ingin menonton video yang serupa di channel Anda.
  • Tampilan vertikal – Video ditampilkan mengikuti layar ponsel, menambah kesan praktis bagi audiens.
  • Tersedia fitur komentar, like, dan share – Seperti media sosial pada umumnya, ketiga fitur tersebut dapat Anda gunakan untuk menambah engagement dengan audiens. 
  • Dapat diedit semenarik mungkin – Misalnya dengan menambahkan backsound, tone video, subtitle, opening, dan closing. 
  • Mudah digunakan dan dikelola – Jika dijabarkan, marketing melalui IGTV hanya membutuhkan tiga proses utama yaitu, pembuatan video – upload – optimasi (optimasi ada di bagian pro tips).
  • Mudah dipantau – Dengan fitur insight Anda dapat mengukur seberapa besar dampak IGTV bagi branding, mengeksplorasi ide-ide konten yang lebih disukai, dan lain-lain.
  • Gratis… tis… tis…! (Tentu saja belum termasuk biaya produksi yang bisa diakali seminim mungkin dan kuota internet untuk upload)

Siap Membuat IGTV untuk Bisnis ?

Nampaknya, memanfaatkan IGTV untuk bisnis memang sangat menguntungkan. Berkat IGTV, Anda terbebas dari iklan televisi konvensional yang mahalnya minta ampun.

Selain menjaring pasar yang sangat luas, Anda juga bebas berkreasi dengan konten IGTV untuk meningkatkan engagement hingga penjualan.

Proses membuatnya pun sangat mudah, ditambah tips jitu yang membantu IGTV Anda melejit di mata calon konsumen. Tidak ada alasan menunda Instagram marketing dengan IGTV, bukan?

Untuk hasil yang lebih memuaskan, jangan lupa ikuti Panduan Lengkap Social Media Marketing 2021 ya!

Kami tunggu link IGTV Anda di kolom komentar, ya. Mau nonton juga nih…

Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.