Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Apa Itu Afiliasi? Pengertian, Cara Kerja, & Contohnya

5 min read

program afiliasi terbaik

Saat ini, afiliasi adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang menjanjikan. Dengan program afiliasi, Anda dapat mempromosikan produk atau jasa dari sebuah perusahaan, lalu mendapatkan komisi ketika orang lain membeli melalui link afiliasi yang diberikan.

Pada artikel ini, kami mengajak Anda mengenal apa itu afiliasi pemasaran, keuntungan berafiliasi, bagaimana program afiliasi bekerja, cara mendaftar afiliasi, sampai contoh afiliasi terbaik dan terpopuler.

Pertama-tama, mari membahas arti afiliasi!

Tonton versi video juga, ya!

Apa Itu Afiliasi?

Arti afiliasi adalah bentuk kerja sama antara dua pihak, di mana salah satu pihak biasanya lebih besar daripada yang lain, tetapi masing-masing pihak berdiri sendiri. Kira-kira seperti inilah pengertian afiliasi menurut KBBI.

Sedangkan dalam bisnis, afiliasi adalah program yang memungkinkan Anda mempromosikan jasa atau produk perusahaan lain. Sebagai imbalannya, Anda akan mendapatkan komisi ketika ada orang lain yang melakukan pembelian lewat saluran promosi Anda.

pengertian afiliasi adalah

Perusahaan induk atau pemilik produk yang terlibat dalam program afiliasi disebut merchant, dan orang yang memasarkan produk dan menampilkan link afiliasi disebut dengan afiliator.

Merchant bertugas untuk menentukan strategi affiliate marketing dan memberikan komisi kepada afiliator ketika terjadi penjualan. Sementara itu, afiliator adalah orang yang bertugas untuk melakukan promosi secara rutin memanfaatkan platform media sosial atau blog yang relevan.

Dalam beberapa tahun terakhir, afiliasi adalah salah satu strategi pemasaran digital yang paling efektif untuk memperluas jangkauan pasar. Maka tak heran, banyak perusahaan besar yang menerapkan bisnis afiliasi.

Sementara untuk afiliator, keberadaan program afiliasi dapat menjadi ide bisnis digital tanpa mengeluarkan modal. Bahkan, penghasilan tambahan dari mendaftar afiliasi terhitung menarik. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Wow!

Keuntungan Program Afiliasi

Dibandingkan dengan strategi pemasaran lain, kelebihan afiliasi adalah sebagai berikut:

1. Modal Kecil

Keuntungan afiliasi adalah modal yang terhitung kecil, bahkan tanpa modal sama sekali. Sebagai seorang affiliate marketers, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membeli stok produk atau mempersiapkan konsep pemasaran yang efektif.

Anda cukup membuat blog atau mendaftarkan diri ke akun media sosial. Setelah itu, Anda bisa mulai menampilkan konten yang relevan dengan produk atau jasa afiliasi. Jangan lupa untuk menambahkan tautan afiliasi khusus agar pengunjung Anda bisa mengakses produk tersebut.

2. Penghasilan Pasif

Keuntungan afiliasi yang berikutnya yaitu kesempatan untuk mendapatkan passive income. Bisa dibilang, afiliasi adalah salah satu cara meraih pendapatan secara terus menerus tanpa memerlukan intervensi berlebih.

Promosi yang Anda lakukan di platform yang digunakan akan tersimpan di sana selamanya, kecuali Anda menghapusnya. Nantinya, setelah Anda mendapatkan pembeli melalui link afiliasi, Anda akan mendapatkan komisi tanpa perlu terlibat dalam proses pengiriman atau layanan pelanggan.

3. Bisa Kerja dari Rumah

Keuntungan afiliasi yang lain yaitu kemudahan bekerja dari rumah atau Work from Home. Dengan menjadi seorang affiliate, Anda bebas menentukan sendiri ingin bekerja dari mana, termasuk dari dalam rumah.

Anda tidak perlu mematuhi jam kerja kantor, serta dapat mengatur waktu untuk memasarkan jasa atau produk. Dengan bekerja dari rumah, Anda bisa menghemat biaya transportasi dan dapat mengatur produktivitas kerja secara lebih fleksibel.

4. Jam Kerja Fleksibel

Kelebihan lain dari program afiliasi yaitu fleksibilitas waktu yang lebih besar dibandingkan pekerjaan kantoran. Anda dapat bekerja di waktu luang Anda untuk mempromosikan produk. Misalnya pagi sebelum berangkat kerja, malam selepas pulang, atau bahkan di akhir pekan.

Dengan kata lain, afiliasi adalah jenis usaha sampingan online bagi Anda yang ingin menghasilkan pemasukan tambahan, tanpa harus meninggalkan tanggung jawab pekerjaan utama.

5. Bisa Daftar Banyak Program Afiliasi

Keunggulan afiliasi berikutnya yaitu memudahkan Anda untuk mendaftar berbagai bisnis afiliasi sekaligus. Dengan mengikuti banyak program afiliasi, kesempatan Anda untuk memperluas jangkauan pasar agar meraih komisi lebih jadi terbuka lebar.

Pun demikian, Anda perlu selektif dalam memilih afiliasi pemasaran. Jangan sampai Anda mendaftarkan diri ke afiliasi abal-abal, atau model bisnis yang dilarang seperti judi online. Lebih baik, pilihlah afiliasi yang sudah terbukti kredibilitasnya seperti Afiliasi Niagahoster.

6. Penghasilan Murni Kerja Keras Anda

Terakhir, keuntungan afiliasi adalah penghasilan yang Anda peroleh bersifat murni dari kerja keras Anda sendiri. Semakin banyak usaha dan kreativitas yang Anda tampilkan ketika mempromosikan produk, semakin besar peluang Anda untuk meraih komisi yang besar.

Dalam afiliasi pemasaran, kesuksesan Anda tidak hanya ditentukan oleh keberuntungan, melainkan juga kerja keras dan strategi penjualan produk yang efektif untuk menarik minat calon pembeli.

Nah, itu tadi pengertian afiliasi dan keuntungan program yang satu ini. Berikutnya, mari belajar bagaimana afiliasi bekerja!

Cara Kerja Afiliasi

Secara umum, sistem kerja afiliasi adalah mempromosikan produk sambil memberikan kode referral sesuai instruksi perusahaan pemilik produk. Nah, urutan langkah kerja afiliasi adalah sebagai berikut:

cara kerja afiliasi

1. Daftar Program Afiliasi

Untuk mengikuti bisnis afiliasi, pertama Anda harus mendaftar dulu ke program afiliasi milik merchant atau perusahaan. Nah, cara daftar afiliasi biasanya dilakukan di website perusahaan tersebut.

Apabila pendaftaran diterima, Anda akan diberikan tautan afiliasi atau kode referal untuk dipasang di berbagai platform. Selain itu, merchant juga biasanya akan memberi tahu peraturan promosi yang harus Anda patuhi.

2. Promosikan Produk atau Jasa Afiliasi

Setelah mendaftar afiliasi, Anda bisa mulai mempromosikan jasa atau produk dari perusahaan afiliasi dengan beberapa metode berikut:

a. Review Produk di Blog

Anda dapat menulis review produk yang dipasarkan di blog. Dalam ulasan tersebut, jangan lupa untuk menambahkan link afiliasi di bagian-bagian konten yang strategis, seperti contoh di bawah:

contoh promosi afiliasi dengan menulis review di blog

Anda belum tahu caranya menulis review? Tenang, kami sudah menyiapkan cara membuat review di WordPress untuk Anda pelajari.

b. Pasang Banner di Blog

Selain membuat review, Anda juga bisa memasang banner iklan di blog berisi tautan unik menuju halaman produk afiliasi. Mata manusia memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada teks.

Sehingga, memasang banner di blog dapat meningkatkan peluang pengunjung untuk membeli produk. Jangan lupa juga untuk menempatkan banner di posisi strategis, seperti di header atau sidebar blog.

contoh metode afiliasi pemasaran dengan memasang banner di blog

c. Promosi di Media Sosial

Cara mempromosikan bisnis afiliasi berikutnya yaitu dengan memanfaatkan platform media sosial. Gunakan akun media sosial Anda seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau YouTube untuk membuat konten berisi link menuju halaman produk afiliasi.

Sebagai contoh, kanal YouTube berikut membuat video edukasi dengan topik terkait jasa afiliasi yang dipasarkan. Tak lupa, mereka juga menyisipkan link referral pada deskripsi video tersebut.

contoh promosi bisnis afiliasi dengan media sosial

d. Promosi di Forum

Terakhir, Anda juga bisa melakukan affiliate marketing dengan cara mempromosikan produk di berbagai forum atau komunitas online yang relevan, seperti contoh berikut:

contoh affiliate marketing dengan promosi di forum online

Dalam promosi tersebut, Anda bisa memberikan informasi yang bermanfaat tentang produk atau jasa afiliasi. Di samping itu, Anda juga dapat menautkan link ke halaman produk untuk memudahkan perusahaan menjual produk afiliasi.

3. Konsumen Menggunakan Kode Referral Afiliator

Ketika calon konsumen membeli produk afiliasi melalui tautan unik atau kode referral yang disediakan Anda sebagai afiliator, mereka akan ditandai secara khusus sebagai pelanggan Anda.

Nah, tautan atau kode referral tersebut berfungsi untuk melacak siapa saja konsumen yang telah melakukan pembelian produk. Dalam beberapa program afiliasi, tautan atau referral juga berisi potongan harga, sehingga pelanggan bisa membeli jasa dengan biaya lebih terjangkau.

4. Afiliator Menerima Komisi

Urutan sistem kerja afiliasi yang terakhir, Anda sebagai afiliator akan menerima komisi dari perusahaan afiliasi. Hal ini terjadi ketika terdapat pelanggan yang membeli produk yang dipromosikan.

Besarnya komisi yang Anda terima bervariasi, tergantung dari program afiliasi yang Anda ikuti, atau jenis jasa atau produk afiliasi yang Anda tawarkan. Komisi dapat berupa persentase dari harga jual produk, atau bisa juga bernilai tetap.

Intinya, komisi adalah bentuk penghargaan atas upaya Anda dalam mempromosikan produk atau jasa afiliasi.

Contoh Afiliasi Terbaik dan Terpopuler

Berikut adalah contoh program afiliasi terbaik dan terpopuler yang bisa Anda ikuti:

1. Afiliasi Niagahoster

program afiliasi niagahoster

Program afiliasi hosting dari Niagahoster adalah program yang memungkinkan Anda mempromosikan produk dan layanan Niagahoster, seperti hosting, VPS, dan sebagainya.

Hal paling menarik dari Afiliasi Niagahoster terletak pada besaran komisi yang Anda dapatkan. Jika berhasil menarik konsumen, Anda akan diganjar dengan komisi hingga 70% dari total penjualan.

Program afiliasi Niagahoster terbuka bagi siapa saja yang ingin mendaftar, tanpa adanya syarat khusus.

2. Tokopedia Affiliate Program

contoh afiliasi tokopedia affiliate program

Contoh afiliasi berikutnya yaitu Tokopedia Affiliate Program. Sebagai salah satu platform marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk yang dijual di sana.

Sebagai imbalan, Anda akan mendapatkan komisi hingga 30% dari penjualan dari tautan afiliasi yang disisipkan. Program afiliasi Tokopedia terbuka bagi siapa saja yang memiliki website atau akun media sosial aktif untuk menawarkan produk Tokopedia.

3. tiket Affiliate

contoh afiliasi tiket affiliate

Berikutnya, contoh afiliasi adalah tiket Affiliate Program. Sebagian besar dari Anda mungkin sudah tahu bahwa tiket adalah sebuah platform pemesanan tiket pesawat, kereta api, dan hotel terbesar di Indonesia.

Dengan mendaftar program afiliasi tiket, Anda berkesempatan meraih komisi hingga 2% dari total penjualan. Afiliasi tiket ini terbuka bagi siapa saja, tapi pendaftar harus mengikuti proses seleksi dan verifikasi yang ditetapkan mereka tetapkan.

4. Shopee Affiliate Program

contoh program afiliasi shopee affiliate program

Terakhir, contoh afiliasi adalah Shopee Affiliate Program. Layaknya perusahaan afiliasi lain, program yang satu ini memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk yang dipasarkan di Shopee melalui website, media sosial, maupun forum online.

Sebagai imbalan, Anda akan diberikan komisi hingga 10% jika Anda konsumen yang membeli melalui link afiliasi Anda. Selain komisi, keuntungan lain dari daftar afiliasi Shopee ini adalah kesempatan untuk mencoba produk-produk secara gratis.

Sampai di sini, Anda sudah mengetahui arti afiliasi, keuntungan mengikuti program afiliasi, bagaimana afiliasi bekerja, sampai contoh afiliasi terbaik yang bisa Anda ikuti.

Jangan beranjak dulu, karena kami masih punya satu informasi yang sayang untuk dilewatkan. Yuk, scroll ke bawah!

Sudah Tahu Apa Itu Afiliasi Pemasaran, kan?

Pengertian afiliasi adalah bentuk kerja sama untuk memasarkan produk secara online, di mana afiliator akan mempromosikan jasa atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Dengan berafiliasi, Anda berpeluang untuk mendapatkan penghasilan dengan modal minim, dapat bekerja dari mana saja, dan jam kerja yang fleksibel. Sementara bagi perusahaan, bisnis afiliasi adalah cara untuk meningkatkan penjualan tanpa keluar banyak biaya untuk promosi.

Nah, jika tertarik untuk daftar program afiliasi, Anda tidak perlu susah payah mencari tempatnya. Langsung saja daftar afiliasi Niagahoster!

cara kerja program afiliasi niagahoster

Selain komisi hingga 70% untuk setiap pembelian layanan, masih ada kelebihan-kelebihan lainnya yang akan Anda dapatkan, seperti:

  • Daftar Gratis – Pendaftaran afiliasi Niagahoster tidak dipungut biaya. Anda tinggal bergabung dan mendapatkan link referral atau kode kupon.
  • Pencairan Cepat – Tidak perlu menunggu lama untuk menerima penghasilan. Dengan 2 pelanggan aktif saja, Anda sudah bisa mencairkan komisi 30 hari setelah transaksi pertama.
  • Diskon Tambahan untuk Pelanggan – Konsumen yang membeli layanan Niagahoster dengan kupon Anda bisa mendapatkan diskon 5%! Ini bisa Anda manfaatkan untuk menarik pelanggan.

Semakin tertarik untuk bergabung ke afiliasi Niagahoster? Ayo daftarkan diri Anda melalui link di bawah ini!

Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *