Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Panduan Addon Domain di Cyberpanel

1 min read

Panduan Addon Domain di CyberPanel

Anda ingin menambahkan domain ke hosting yang menggunakan CyberPanel? Namun, masih bingung caranya karena tidak ada menu khusus addon domain CyberPanel? 

Tenang, langkahnya sebenarnya cukup mudah kok. Di artikel ini, kami akan memberikan panduan addon domain di CyberPanel secara lengkap. Yuk, ikuti panduannya lebih lanjut! 

Baca juga : Cara Install WordPress di CyberPanel

Cara Addon Domain CyberPanel

Time needed: 5 minutes

Sebelum memulai panduan addon domain di cyberpanel, pastikan domain yang akan ditambahkan sudah terhubung dengan VPS Anda. Jika sudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Login ke CyberPanel
2. Mengakses Menu Websites
3. Menambahkan Domain
4. Mengecek List Websites

Yuk, langsung saja ikuti panduan di bawah ini!

Baca juga: Perbedaan Addon Domain dan Parked Domain

  1. Login ke CyberPanel

    Anda dapat masuk ke dashboard CyberPanel dengan mengakses alamat https://IP-Server-Anda:8090 pada browser Anda. 

    Masukkan username dan password akun CyberPanel Anda, kemudian klik tombol Sign In.

    Login CyberPanel untuk Addon Domain

  2. Mengakses Menu Websites

    Untuk melakukan addon domain di CyberPanel, Anda perlu mengakses menu Create Website pada bagian sidebar menu di halaman dashboard CyberPanel.

    Mengakses Menu Create Website

  3. Menambahkan Domain

    Pada halaman create website, silahkan isi form detail website yang akan dibuat. Anda perlu mengisi kolom sebagai berikut :

    Select Package Pilih package default
    Select Owner — Secara default, owner website adalah admin. Tetapi, Anda juga tetap bisa memilih pengguna lain sebagai owner untuk mengelola website.
    Domain Name – Masukkan nama domain website untuk install WordPress
    Email — Masukkan email yang Anda gunakan untuk mengelola website
    Select PHP —  Pilih versi PHP yang akan Anda gunakan pada website
    Additional Features Bagian ini merupakan fitur tambahan bagi website Anda berupa SSL, DKIM Support dan open_basedir Protection untuk tambahan keamanan dan Create Mail Domain untuk  membuat email menggunakan domain sendiri.

    Jika semua detail sudah diisi, klik tombol Create Website. Lalu, tunggu beberapa saat hingga muncul pesan Successfully Installed.

    addon domain cyberpanel

  4. Mengecek List Websites

    Untuk mengecek domain yang baru saja ditambahkan, Anda dapat mengakses menu Websites > List Websites.

    Pada halaman ini, Anda dapat melihat semua domain yang Anda kelola menggunakan CyberPanel. Kalau langkah addon domain CyberPanel berhasil, domain terbaru Anda akan muncul dalam daftar tersebut.

    Mengecek List Website CyberPanel

Baca Juga : Cara Menambahkan Domain di cPanel

Kesimpulan

Bagaimana, sudah berhasil mengikuti cara addon domain di CyberPanel? Cukup dengan mengakses menu Create Website, Anda sudah bisa menambahkan domain baru.

Berkat kemudahan inilah, CyberPanel cocok untuk mengelola berbagai jenis website. Apalagi, dengan dukungan OpenLiteSpeed yang membuat kinerja website makin cepat dan adanya fitur tambahan seperti Embedded Security yang akan melindungi website Anda secara real-time dari ancaman keamanan. 

Nah, semua fitur tersebut bisa Anda dapatkan saat berlangganan paket layanan Hosting VPS CyberPanel Niagahoster mulai dari Rp104.000/bulan saja! Cukup menarik, bukan?

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.