Ingin tingkatkan SEO website Anda??

Download eBook Gratis 5+ Strategi SEO Berbagai Industri

Download Ebook
Tutorial

Cara Mengatasi A Database Error Occurred CodeIgniter

A Database Error Occurred adalah salah satu error yang sering dialami developer saat membuat website CodeIgniter. Pesan error tersebut kemungkinan besar terjadi karena kesalahan konfigurasi database.

Lantas, bagaimana cara mengatasi A Database Error Occurred CodeIgniter?

Tak perlu panik, karena kami tahu solusinya. Di artikel kali ini akan dibahas secara detail penyebab spesifik beserta cara mengatasi A Database Error Occurred pada CodeIgniter.

Penasaran kan? Langsung saja ini dia penjelasan lengkapnya.

Penyebab A Database Error Occurred di CodeIgniter

Penyebab munculnya pesan A Database Error Occurred pada CodeIgniter adalah ketidaksesuaian konfigurasi database di localhost dan di source code program.

Namun sebenarnya, ada tiga penyebab spesifik terjadinya A Database Error Occurred di CodeIgniter. Apa sajakah itu?

1. Database Tidak Diketahui (Unknown Database)

Untuk penyebab yang pertama, A Database Error Occurred akan diikuti pesan: 

mysqli::real_connect(): (HY000/1049): Unknown database ‘nama_database’.

Seperti contoh berikut:

Hal ini terjadi karena database project CodeIgniter belum di-import ke localhost. Solusinya dengan mengupload database MySQL pada localhost.

Baca Juga : Cara Menghilangkan index.php di CodeIgniter

2. Akses Pengguna Ditolak (Access Denied for User)

Pada penyebab yang kedua, pesan kesalahan A Database Error Occurred yang muncul adalah:

mysqli::real_connect(): (HY000/1045): Access denied for user ‘username_anda’@’localhost’ (using password: NO).

Berikut adalah contohnya:

Ini terjadi karena konfigurasi database di localhost dan di source code project tidak sesuai. Solusinya dengan menyamakan konfigurasi database di file database.php dan di phpMyAdmin.

Baca juga: Mengenal File Default .htaccess di CodeIgniter dan Cara Membuatnya

3. Tabel Tidak Dikenali (Table Doesn’t Exist)

Untuk penyebab yang terakhir, A Database Error Occurred diikuti dengan pesan tambahan:

Error Number: 1146 Table ‘nama_tabel’ doesn’t exist.

Contohnya sebagai berikut:

Nah, error di atas terjadi bukan karena kesalahan pada saat konfigurasi database. Tapi, ketika mengkonfigurasikan tabel. Solusinya adalah menyesuaikan konfigurasi tabel database di localhost dan di source code program.

Baca juga: Cara Mengatasi Error phpMyAdmin Access Denied

Cara Mengatasi A Database Error Occurred pada CodeIgniter

Beda penyebab error, beda pula cara mengatasinya. Karenanya, kami akan memandu Anda mengatasi A Database Error Occurred di CodeIgniter sesuai dengan penyebabnya. Yuk, ikuti kami!

1. Cara Mengatasi Error Akibat Unknown Database

Untuk bisa mengatasi error karena unknown database, Anda perlu memeriksa status import database di localhost. Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Buka dan aktifkan XAMPP dengan cara klik Start pada kolom Apache dan MySQL.
  2. Setelahnya, klik Admin pada kolom MySQL. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman localhost/phpmyadmin
  1. Periksa terlebih dahulu apakah database sudah di-import. Pada halaman phpMyAdmin, cek daftar database di sidebar sebelah kiri.
  2. Jika belum, buat database baru dengan cara klik Databases pada Toolbar, lalu ketikkan nama database Anda di kolom Database name. Kemudian klik Create.

Baca juga: Cara Optimasi Database MySQL dengan phpMyAdmin

  1. Setelah membuat database baru, klik Import pada Toolbar. Setelahnya pilih Choose your file, upload file database Anda dengan ekstensi .sql kemudian klik Go pada bagian paling bawah.

Selesai! Kini database Anda telah berhasil di import.

Baca juga: Cara Import Database dari Localhost ke Web Hosting

2. Cara Mengatasi Error Akibat Akses Pengguna Ditolak

Untuk penyebab yang satu ini, Anda perlu memeriksa konfigurasi database terlebih dahulu. Bagaimana langkah-langkahnya?

  1. Buka Homepage phpMyAdmin

Caranya dengan mengetikkan localhost/phpmyadmin. Kemudian, perhatikan kolom Database server, terdapat poin User: root@localhost. ‘root’ adalah username Anda.

Perhatikan pula bagian sidebar di sebelah kiri. Di situ terdapat nama-nama database yang pernah dibuat. Sesuaikan nama database dengan project CodeIgniter Anda.

  1. Buka File Database.php

Buka source code project CodeIgniter Anda pada text editor, lalu buka file database.php pada folder application\config\database.php

  1. Temukan Konfigurasi Database

Scroll file database.php hingga Anda menemukan konfigurasi database yang diawali dengan perintah $db[‘default’] = array( seperti berikut:

Ada tiga baris yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  • Username – Nama pengguna database di phpMyAdmin, defaultnya adalah root.
  • Password – Password database pada phpMyAdmin, defaultnya tidak diisi apapun.
  • Database – Nama database di phpMyAdmin, sesuaikan dengan project Anda.
  1. Ubah Konfigurasi Database

Ganti username dengan ‘root’, biarkan isian password kosong, dan nama database ‘forecasting’ sesuai dengan yang ada di phpMyAdmin. Jika sudah selesai jangan lupa klik Ctrl+S!

Selesai! Kini Anda telah berhasil mengatur konfigurasi file database.php dengan benar.

Baca juga: Apa itu Coding dan Bagaimana Cara Mempelajarinya?

3. Cara Mengatasi Error Akibat Tabel Tidak Dikenali

Sedangkan untuk penyebab yang terakhir, Anda wajib mengecek konfigurasi tabel pada database. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Database di phpMyAdmin

Pada halaman phpMyAdmin, klik nama database Anda pada sidebar. Setelah itu Anda akan melihat daftar tabel yang pernah dibuat.

Perhatikan! Ada nama tabel penduduk, selanjutnya mari memeriksa konfigurasi tabel pada source code.

Baca juga: Cara Membuat, Mengedit, Menghapus Database di phpMyAdmin

  1. Buka Model Penduduk_m.php

Pada source code program, yang bertanggung jawab mengelola informasi dari database, termasuk value tabel, adalah model.

Makanya, periksa folder model. Kemudian cari file Penduduk_m.php di application/model/Penduduk_m.php. File ini bertugas untuk mengelola value dari tabel penduduk.

  1. Ubah Konfigurasi di Source Code

Cari letak kesalahan penamaan tabel. Ternyata terjadi kesalahan penamaan tabel di baris ke-7. Nama tabel seharusnya penduduk tapi pada source code tertulis pendudukk.

Maka dari itu, Anda perlu mengubah source code dari:

$this->db->from('pendudukk');

menjadi:

$this->db->from('penduduk');

Jangan lupa klik Save. Selesai! Kini konfigurasi tabel di database di localhost dan di program sudah sesuai. Mudah sekali bukan?

Baca juga: 10+ Database Project Terbaik yang Wajib Anda Coba

Yuk Atasi A Database Error Occurred CodeIgniter!

Pesan error A Database Error Occurred CodeIgniter adalah salah satu error yang sering terjadi ketika membangun website CodeIgniter. Penyebabnya ada tiga, yaitu database tidak diketahui, akses pengguna ditolak, atau value tabel tidak dikenali.

Nah, cara mengatasi A Database Error Occurred CodeIgniter ini tergantung dari penyebabnya. Namun yang pasti, langkah-langkahnya sangat mudah dan bisa selesai dalam waktu singkat. Jadi, pastikan Anda teliti ketika mengkonfigurasikan database ya, baik di localhost maupun di source code program.

Apabila website CodeIgniter Anda sudah selesai dibuat, pasti Anda ingin menguploadnya ke layanan hosting agar bisa diakses banyak orang, kan? Maka dari itu, Anda butuh layanan hosting yang sesuai kebutuhan.

Pada dasarnya, hampir semua layanan hosting mendukung CodeIgniter. Namun yang perlu diingat, CodeIgniter adalah framework yang performanya super cepat. Jadi, akan lebih bagus jika Anda menggunakan layanan hosting dengan performa yang cepat juga.

Untungnya Anda bisa memakai layanan hosting dari Niagahoster. Niagahoster menjamin kecepatan website Anda dengan teknologi LiteSpeed Web Server, web server tercepat di dunia.

Layanan ini juga dilengkapi dengan Cloudflare CDN, HTTP/2, dan SSD super cepat untuk performa website yang maksimal. Ditambah lagi, sudah support PHP hingga versi 8 dan cPanel terbaru untuk kemudahan mengelola website.

Tunggu apa lagi, yuk berlangganan layanan Web Hosting Terbaik Niagahoster dan nikmati kecepatan performa website CodeIgniter Anda.

Demikian artikel cara mengatasi A Database Error Occurred CodeIgniter. Semoga bisa menjadi panduan bagi Anda. Jika masih ada pertanyaan, tak perlu ragu untuk bertanya pada kolom komentar. Sampai jumpa lagi!

Muhammad Ariffudin

Ariffud is a career-shifting SEO Content Writer from Web Programming educational background, specializes in writing technical topics.

Share
Published by
Muhammad Ariffudin

Recent Posts

Ini Dia 10+ Tips Desain Website Terbaik yang Bisa Anda Terapkan

Cara desain website itu sebenarnya gimana ya? Sudah coba utak atik tampilan website, tapi kok hasilnya belum sesuai harapan sih?…

4 hours ago

Gawat! Hackers Menyerang Plugin WordPress dan Mencuri Data Kartu Kredit

Anda pemilik website toko online berbasis WordPress? Jika ya, Anda wajib waspada. Akhir 2021 lalu, beredar modus pencurian data kartu…

1 day ago

Woongkir : Pengertian dan Cara Menggunakannya di WooCommerce

Fitur ongkos kirim di toko online bisa membantu pengunjung mengetahui biaya pengiriman produk yang dibeli. Sebagai pemilik website, Anda bisa…

1 day ago

10+ Trik SEO untuk Menggenjot Trafik ke Website Komunitas Anda

Saat ini tidak sedikit bisnis yang mulai melirik forum online untuk menjalankan strategi marketing. Dengan website forum, bisnis bisa jadi…

2 days ago

Virtual Host : Pengertian dan Cara Membuatnya

Mengelola banyak website atau domain dalam satu server apakah mungkin? Tentu saja. Dengan virtual host, Anda bisa melakukannya, baik di…

3 days ago

Data Warehouse: Pengertian, Kegunaan, dan Contoh

Data adalah salah satu kunci strategi bisnis yang efektif. Dengannya, Anda bisa menganalisis dan menyusun rencana sesuai kebutuhan lapangan. Entah…

4 days ago