Yovi Amanda Full time SEO content writer. Passionate to help people in the digital world through writing. She currently juggling between making articles for Niagahoster and raising her only child, Bhadrika Nagendra.

Error 501 Not Implemented: Begini Cara Mengatasinya!

4 min read

Sebagai pemilik website WordPress, tentu menyebalkan jika mendapati halaman website Anda muncul dengan HTTP error message, salah satunya 501 not implemented error. Apalagi jika Anda tidak sepenuhnya tahu apa arti dari pesan HTTP error tersebut.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Error 501 not implemented WordPress ini tetap bisa Anda perbaiki sendiri. Mau tahu caranya? Yuk simak artikel ini selengkapnya!

Apa itu Error 501 Not Implemented Error?

Error 501 not implemented adalah pesan error yang muncul karena server tidak memiliki fasilitas atau kemampuan untuk memenuhi permintaan data (request). Error semacam ini juga bisa terjadi karena server tidak mengenali metode request.

Karena terdapat beragam browser, server web, dan sistem operasi, maka error 501 not implemented pun bisa muncul dengan berbagai bentuk. Di bawah ini ada berbagai macam variasi 501 not implemented error:

  • “501 Not Implemented”
  • “Error 501”
  • “HTTP 501”
  • “HTTP Error 501 Not Implemented”
  • “The server either does not recognize the request method, or lacks the ability to fulfill the request.”

Nah, sekarang Anda sudah mengenali bermacam-macam bentuk error 501 not implemented. Di bagian selanjutnya, kami akan bahas apa sebenarnya penyebab error tersebut.

Baca juga: Cara Mengatasi Syntax Error

Apa Penyebab Error 501 Not Implemented?

Sekarang Anda tentu sudah paham bahwa 501 adalah kode yang menunjukkan masalah yang terjadi pada server. Nah, tapi apa sebenarnya penyebab masalah ini? Mari kita cari tahu!

Sama halnya hampir semua kode kesalahan HTTP lainnya, penyebab error ini bisa bermacam-macam. Penyebab paling umum dari 501 HTTP error yaitu:

  • Virus atau malware. Kadang-kadang server bukanlah penyebab error 501 sebenarnya, melainkan browser Anda. Serangan yang berat dapat membuat browser Anda rusak, dan virus dapat mengambil alih dan mengontrol browser Anda.
  • Server error.  Masalah ini umumnya terjadi ketika server tidak dapat menanggapi permintaan dari browser yang dipakai user. Selain itu, error bisa juga terjadi karena aplikasi website mencoba untuk meminta kumpulan data dari server. 
  • Server overload. Error 501 bisa juga terjadi karena lonjakan traffic di situs Anda. Jika ini berlangsung sementara, Anda bisa tunggu dahulu beberapa waktu kemudian lakukan reload page. Namun, jika tidak ada perubahan, maka satu-satunya solusi adalah melakukan upgrade ke paket hosting yang kapasitasnya lebih tinggi. 
  •  Software tidak update atau kualitas update yang buruk.  Kedua kemungkinan ini menyebabkan server tidak mampu memenuhi permintaan browser.
  • Kesalahan konfigurasi pada NGINX yang perlu diperbaiki. Kesalahan macam ini perlu langsung diperbaiki oleh developer.
  • Tagihan hosting Anda yang belum lunas. Alih-alih langsung menghapus situs Anda, beberapa penyedia hosting sengaja memberi notifikasi error 501 agar Anda punya kesempatan melunasi tagihan hosting.

Dampak 501 Not Implemented pada SEO

Tidak seperti 503 error yang menunjukkan  mode maintenance pada  WordPress, 501 error dapat memiliki dampak negatif pada SEO jika tidak segera diperbaiki. Jika situs Anda hanya down selama sebentar, bot Google masih bisa melakukan crawl cache. Itu artinya situs Anda masih baik-baik saja.

Namun, beda kasusnya jika situs Anda down sampai berjam-jam. Katakanlah situs Anda mengalami error 501 selama 6 jam, maka Google akan menganggap situs Anda yang bermasalah. Itu kenapa jika tidak ditangani error ini dapat memengaruhi peringkat Anda. 

Jadi, jika Anda khawatir bahwa error ini akan terulang lagi, beberapa solusi di bawah ini dapat membantu.

5 Cara Mengatasi 501 Not Implemented Error

Error 501 adalah error yang hampir selalu disebabkan oleh masalah pada server web Anda. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi error ini. Beberapa di antaranya

1. Coba ‘Reload Page’

‘Reload page’ merupakan cara paling mudah yang bisa Anda gunakan. Namun jangan langsung me-reload page setelah mendapati error 501 ya! Tunggu dulu sekitar 1 menit, baru kemudian tekan tombol F5 atau Ctrl+F5. 

Jika masih tidak berhasil atau tidak ingin menunggu, Anda bisa juga mencoba browser lain. Sebab, barangkali browser yang Anda pakailah sumber masalahnya.

Namun kalau Anda tidak mau menebak-nebak sumber masalahnya, ada cara lain yang tak kalah mudah. Tulis alamat website Anda ke downforeveryoneorjustme.com. Website tersebut nantinya akan memberitahu Anda apakah website Anda down atau ada masalah di situs Anda.

reload page untuk mengatasi error 501 not implemented

2. ‘Clear cache’ browser Anda.

Jika ternyata me-reload page tidak mengubah apa pun, ada baiknya untuk mencoba clear cache browser Anda. Anda bisa membaca artikel-artikel di bawah ini untuk tahu bagaimana caranya.

Artikel ini berisi langkah-langkah membersihkan cache bagi Anda pengguna browser Chrome.

Bagi Anda pengguna browser selain Chrome, jangan khawatir. Kami juga punya artikel lain cara menghapus Cache di Mozilla, Microsoft Edge, Opera, dan Safari. 

3. Non-aktifkan Proxy di Browser

Error 501 mungkin terjadi jika Anda menggunakan layanan proxy. Maka dari itu, Anda bisa mencoba untuk menonaktifkan atau memastikan bahwa layanan proxy tidak aktif dengan cara dua cara di bawah ini:

Cara Menonaktifkan proxy di Chrome Windows

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menonaktifkan proxy Chrome di Windows.

1. Klik menu Chrome di browser toolbar.

2. Pilih Settings. Lalu, klik Advanced. Di bagian System, klik Open your computer’s proxy setting. Untuk Windows 7 dan Windows 8 or 8.1 users, dengan cara ini Anda bisa membuka Internet Properties window.

open your computer's proxy settings

3.  Di bawah Automatic proxy setup, matikan Automatic detect settings. Kemudian matikan Use a proxy server, di bawah Manual proxy setup. Terakhir, klik Save.

opsi automatically detect settings

Cara Menonaktifkan proxy di Chrome Mac

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menonaktifkan proxy Chrome di Mac.

  1. Klik Chrome menu di toolbar browser. Lalu pilih Settings. 
cara menonaktifkan proxy di chrome mac untuk mengatasi error 501 not implemented
Sumber gambar: expressvpn.com
  1. Klik Advanced di bagian bawah layar. 
tombol advanced
  1. Di bawah System, klik Open your computer’s proxy settings. Tahap ini akan membuka window Network Setting.
membuka window network settings
  1. Di tab Proxies, di bawah Select a protocol to configure, klik ‘uncheck’ untuk setiap protokol.
select a protocol to configure
  1. Klik OK.

4. Hubungi Penyedia Layanan Hosting

Tidak seperti beberapa jenis error lain yang bisa Anda atasi sendiri, error 501 butuh diselesaikan dengan bantuan teknis. Itu karena kebanyakan error 501 terjadi karena permasalahan di server. Bukannya masalah plugin atau caching. 

Oleh karena itu, jika masalah ini tidak teratasi dalam beberapa menit, sebaiknya Anda menghubungi server WordPress Anda. Atau, memeriksa halaman status penyedia layanan hosting Anda. 

Jika Anda menggunakan layanan hosting di Niagahoster, Anda bisa cek halaman Niagahoster Status.

5. Pantau Error Server Secara Otomatis

Jika Anda khawatir mengalami error 501 karena permasalahan di server, Anda dapat menggunakan tool updown.io. Tool ini akan membantu Anda memantau dan segera memberitahu Anda jika terjadi error.

Tool ini memungkinkan Anda mengatur frekuensi pemeriksaan website. Misalnya: 15 detik, 30 detik, 1 menit, 2 menit, 5 menit, atau 10 menit.

Jika situs Anda down, updown.io akan mengirim email pemberitahuan ke Anda. Seperti di bawah ini:

pantau error 501 not implemented secara otomatis via updown.io
Sumber gambar: Kinsta

Tentunya tool ini akan sangat membantu khususnya bagi Anda yang menggunakan hosting jenis shared.

Semoga Berhasil Mengatasi 501 Not Implemented WordPress!

Sekarang Anda sudah tahu kan apa penyebab error 501 dan bagaimana cara mengatasinya. 

Saran kami sebelum melakukan langkah-langkah perbaikan, ada baiknya Anda menunggu beberapa menit dahulu. Tujuannya untuk memastikan apakah benar ada yang tidak beres di server, atau hanya lonjakan trafik yang menyebabkan down sementara.

Namun jika error tersebut tidak segera teratasi, jangan ragu-ragu untuk hubungi layanan penyedia hosting yang Anda pakai. Kalau Anda pengguna setia Niagahoster, Anda selalu bisa menghubungi kami kapanpun. Kami siap melayani Anda selama 24 jam non-stop melalui chat, email, ataupun telepon.

Jika Anda butuh cara mengatasi error WordPress yang lain? Kami juga punya artikel 40+ Error WordPress dan Cara Cepat Mengatasinya [Terlengkap]. Anda juga bisa dapat versi ebook-nya secara gratis lewat sini:

banner ebook 20 error wordpress dan cara cepat mengatasinya

Semoga artikel ini dapat membantu ya! Jangan lupa subscribe untuk bisa terus update artikel insight, tutorial, tips bermanfaat lainnya. Sampai jumpa!

Yovi Amanda Full time SEO content writer. Passionate to help people in the digital world through writing. She currently juggling between making articles for Niagahoster and raising her only child, Bhadrika Nagendra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *