counter easy hit
5 Tips Optimasi WordPress Selama Liburan - Tutorial Website, Hosting dan Bisnis Online

Liburan adalah masa spesial bagi Anda. Liburan, pendek atau panjang, dapat Anda jadikan momen untuk sedikit bersantai dari kepenatan. Harapannya, ketika kembali menjalani rutinitas, Anda bisa kembali dengan segar dan siap menghadapi segala tantangan yang ada.

Hanya saja, bisnis harus terus berjalan. Anda perlu memanfaatkan momen sekecil apapun, termasuk ketika Anda sedang liburan.

Kami mengerti bahwa mengelola website dan bisnis online dapat menguras tenaga Anda. Pertanyaannya sekarang, bagaimana bisa bisnis online tetap berjalan sementara Anda ingin menikmati liburan?

Jika website atau blog Anda menggunakan platform WordPress, Anda bisa memanfaatkan cara-cara menarik agar pekerjaan tidak mengganggu Anda ketika sedang berlibur. Pendeknya, bisnis tetap lancar dan Anda tetap bisa bersantai.

Beberapa optimasi WordPress yang perlu Anda lakukan di antaranya adalah Anda perlu membuat jadwal, backup website, hingga (jika perlu) mendelegasikan pekerjaan Anda ke orang lain.

Tentu semuanya membutuhkan persiapan. Karena itulah kami membuat ulasan ini untuk Anda.

Simak ulasan lengkap 5 Tips Optimasi WordPress Selama Liburan berikut ini …

1. Backup Website

Langkah optimasi WordPress pertama yang perlu Anda lakukan adalah backup website. Backup merupakan cara paling ampuh untuk menyimpan segala konten yang ada dalam website Anda sebagai langkah antisipasi. Hal buruk dapat terjadi kapan saja terhadap website Anda. Bukan berarti tidak mempercayai sistem keamanan website Anda, hanya saja, tidakkah terus berjaga-jaga merupakan hal yang baik?

Idealnya backup perlu dilakukan secara berkala, misalnya satu bulan sekali. Semakin sering Anda melakukan backup sebenarnya malah semakin baik. Hanya saja, backup ini akan memakan disk space lumayan banyak apabila terlalu sering.

Nah, sebelum mulai liburan Anda perlu melakukan backup terlebih dahulu. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan plugin yang banyak tersedia, misalnya UpDraftPlus. Bahkan, berbekal UpDraftPlus pun Anda dapat melakukan backup secara otomatis langsung ke DropBox.

2. Jadwalkan Postingan

Membuat postingan secara rutin adalah kunci kesuksesan sebuah blog. Sebenarnya, tidak hanya blog saja yang membutuhkan postingan rutin. Website utama bisnis online Anda pun juga membutuhkannya. Postingan reguler dapat memastikan performa yang lebih baik di halaman hasil pencarian search engine.

Anda tentu membutuhkan konten agar dapat membuat jadwal postingan. Saran kami, langkah optimasi WordPress yang efektif adalah dengan membuat semacam ‘bank’ atau database postingan terlebih dahulu. Buat postingan yang banyak, kemudian jadwalkan satu per satu sesuai keinginan Anda. Apabila cara ini tidak memungkinkan karena Anda tidak memiliki waktu, misalnya, Anda dapat menggunakan jasa freelance content writer yang banyak tersedia.

5 Tips Optimasi WordPress Selama Liburan

Apabila segalanya sudah siap, Anda bisa segera mengunggah konten Anda ke halaman editor WordPress. Silakan beralih ke bagian kanan dan pilih tanggal yang sesuai. Untuk mulai menjadwalkan Anda dapat klik tombol Schedule.

3. Bagikan Konten

Content is king, distribution is queen.

Mungkin Anda pernah mendengar ungkapan ini sebelumnya. Distribusi yang baik adalah sama pentingnya dengan kualitas konten. Suatu konten tidak dapat berhasil dengan baik tanpa adanya distribusi yang sama baiknya.

Di masa liburan, distribusi tetaplah penting untuk menjangkau para pembaca konten Anda di berbagai macam platform berbeda. Distribusi otomatis ini dapat membuat para pembaca maupun target pasar Anda tetap ‘engaged’ selagi Anda menikmati waktu liburan.

Platform media sosial seperti Facebook kini telah memiliki fitur untuk menjadwalkan konten. Jika ini masih kurang, Anda bisa menggunakan Hootsuite maupun Buffer guna mengatur jadwal postingan di media sosial lain seperti Twitter, Google+, maupun Instagram.

4. Tetap Waspada Komentar Spam

Komentar spam biasanya berisi iklan produk/layanan yang secara masif disebarkan melalui kolom komentar. Ini tidak hanya mengganggu karena kemungkinan besar Anda tidak terlalu tertarik terhadap iklan yang dibagikan, melainkan juga dapat mengurangi performa website Anda.

Komentar spam dapat menyerang kapan saja. Jika Anda tidak memiliki persiapan yang baik selagi pergi berlibur, serangan spam ke website Anda dapat sangat merepotkan. Bisa-bisa malah mempengaruhi jumlah keuntungan bisnis online Anda tiap bulannya.

Jika Anda menggunakan WordPress, persoalan spam ini dapat dengan mudah ditangani. Anda hanya perlu menginstal plugin anti spam dan Anda akan terbebas dari permasalahan. Salah satu yang sangat kami sarankan penggunaannya adalah Akismet.Plugin ini akan memfilter komentar menggunakan database spam sehingga dapat memberikan jaminan komentar yang bersih di website Anda. Tutorial penggunaannya dapat Anda lihat di sini.

5. Gunakan WordPress Mobile

Baik. Kami mengerti bahwa menggunakan WordPress secara mobile dengan menginstal aplikasinya pada smartphone Anda mungkin dapat mengganggu kualitas liburan karena Anda tidak sepenuhnya terbebas dari tanggung jawab barang sejenak saja. Hanya saja, maksud kami bukanlah demikian. Kepraktisan fitur yang dimiliki WordPress Mobile dapat sangat berguna bagi Anda.

Aplikasi WordPress Mobile kini tersedia pada iOS dan Android. Semasa liburan, aplikasi ini bisa diandalkan ketika Anda mengalami situasi mendesak sehubungan dengan website WordPress Anda. Dengan adanya WordPress di smartphone, Anda tidak perlu membuka (dan membawa) laptop untuk sekedar mengecek postingan ataupun melakukan revisi yang sifatnya minor.

Bonus Tips: Buat Guideline Standar

Apabila Anda sudah mengaplikasikan seluruh tips di atas namun masih kurang yakin karena satu dan lain hal, Anda dapat mendelegasikan pengelolaan serta optimasi WordPress untuk blog atau website bisnis online kepada orang kepercayaan Anda.

Agar lebih aman, tentu Anda tidak dapat meninggalkannya begitu saja. Sebaiknya konten postingan blog serta produk/layanan Anda dicek terlebih dahulu. Nah, jika Anda tidak berada di tempat, Anda dapat membuat guideline postingan agar kontennya lebih terarah dan memiliki standar yang baku.

Anda dapat membuat guideline ini dengan cara sederhana, menggunakan Google Docs, misalnya. Hanya saja, cara ini agak merepotkan karena orang kepercayaan Anda perlu membolak-balik dokumen untuk memastikan konten Anda dengan baik. Sebagai alternatif, Anda dapat menginstal plugin bernama WP Help pada website WordPress. Plugin ini dapat membuat guideline lebih mudah diakses, langsung dari halaman WordPress Anda.


Di Niagahoster, Anda bisa memiliki website WordPress hanya dengan 4 langkah mudah dalam 5 menit saja. Anda hanya perlu bayar, tunggu order aktif, pilih template, dan website akan siap digunakan.

Tunggu apa lagi, buat website WordPress Anda sekarang!

 

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.